Ekspansi Aksi Literasi SMAN 1 Manggar Meluas, Berbagi Praktik Baik di SMAN 5 Yogyakarta

 Ekspansi Aksi Literasi SMAN 1 Manggar Meluas, Berbagi Praktik Baik di SMAN 5 Yogyakarta

Siswa SMAN 1 Manggar Indra dan Daffa sedang berbagi praktik baik Literasi Sains di SMA 5 Yogyakarta, Selasa (1/11).-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Ekspansi aksi literasi SMAN 1 Manggar Kabupaten Belitung Timur (Beltim) semakin meluas. Kali ini siswa sekolah tersebut melakukan ekspansi ke luar pulau Belitung, tepatnya di SMAN 5 Yogyakarta pada Selasa (1/11).

Adapun ekspansi untuk menyebarkan literasi Sains yang dilakukan oleh Indra Ramadhan dan Daffa Nugrah siswa SMAN 1 Manggar sebagai peraih medali olimpiade. Mereka berkesempatan berbagi tips dan trik dalam memenangkan ajang paling bergengsi untuk siswa SMA tersebut. 

Tidak hanya itu, mereka juga berbagi pengalaman yang telah dilalui hingga sampai menjadi juara. Berbeda dengan beberapa hal yang dilakukan sebelumnya, ekspansi aksi literasi SMAN 1 Manggar dilakukan oleh siswa. 

Hal ini dimaksudkan untuk membagikan praktik baik yang dilakukan dan memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk terjun didalam masyarakat luas. Program ini juga dimaksudkan agar aksi literasi yang telah dilakukan oleh SMAN 1 Manggar dapat berimbas dan dirasakan oleh khalayak luas.

BACA JUGA:SMAN 1 Manggar Ekspansi Aksi Literasi Digital di Desa Budaya Lalang

Rombongan tim olimpiade SMAN 1 Manggar tersebut, disambut langsung oleh Kepala SMAN 5 Yogyakarta, Fadiyah Suryani. Fadiyah Suryani mengatakan sangat bersyukur dapat menerima rombongan SMAN 1 Manggar. 

“Alhamdulillah, kami sangat senang sekali kedatangan tamu dari SMAN 1 Manggar Belitung Timur. Banyak ilmu yang kami dapat, yang mereka sampaikan, prestasi yang luar biasa. Mudahan-mudahan itu dapat bermanfaat untuk siswa kami, siswa SMAN 5 Yogyakarta. Dan ini juga menjadi pembelajaran lewat berbagi pengalaman, cerita, dan prestasi," ungkap Fadiyah.

“Semoga pertemuan ini juga membawa manfaat dan barokah untuk kita semua. Terima kasih kepada kepala sekolah yaitu bapak Sabarudin, guru, dan para juara olimpiade dari SMAN 1 Manggar, mas Indra Ramadhan dan mas Daffa Nugrah. Kemudian saya juga berharap kedepan silahturahmi dapat terus berjalan demi kemajuan sekolah kita bersama. Terimakasih sekali lagi," ucap Fadiyah. 

Tidak hanya Kepala SMAN 5 Yogyakarta, rombongan tim olimpiade juga disambut oleh wakil kepala sekolah bidang humas dan tim olimpiade SMAN 5 Yogyakarta. Mereka terlihat sangat antusias mendengarkan pengalaman serta tips dan trik untuk menjadi medalis olimpiade yang disampaikan oleh Indra dan Daffa

BACA JUGA:SMAN 1 Manggar Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Perdamaian, Hadirkan Dosen UPI Bandung

“Menurut saya yang paling penting untuk menjadi juara itu suka dulu. Kalau kita udah suka sama bidang yang kita geluti, itu bakal mempermudah kita," kata Indra dalam pemaparannya.

“Yah setuju sama Indra, yang paling penting itu suka. Tapi kita juga harus punya motivasi yang besar untuk menjadi juara. Karena tanpa motivasi kita ga bakal bisa untuk terus mendalami olimpiade," sambung Daffa. 

“Selain itu kita juga harus melakukan managemen waktu yang baik, terutama dalam melakukan aktivitas keseharian kita dan belajar untuk olimpiade," ujar Indra menambahkan. 

Keduanya terlihat sangat antusias dan dibarengi dengan antusias tim olimpiade SMAN 5 Yogyakarta dalam mendengarkan dan bertanya tentang apa yang telah disampaikan oleh Indra dan Daffa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sman 1 manggar