SMAN 1 Manggar Ekspansi Aksi Literasi Digital di Desa Budaya Lalang

SMAN 1 Manggar Ekspansi Aksi Literasi Digital di Desa Budaya Lalang

Muhammad Fadil Miswandi siswa SMA 1 Manggar yang sedang berbagi praktik literasi digital di Desa Budaya Lalang--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Dunia literasi SMAN 1 Manggar terus bergelora dan berkembang. Kali ini dengan melakukan ekspansi aksi literasi di Desa Budaya Lalang. Aksi yang dilakukan pada Jumat (28/10), merupakan bentuk penyebaran praktik baik yang telah dilakukan oleh SMAN 1 Manggar. 

Berbeda dari aksi yang telah dilakukan sebelumnya ekspansi aksi tersebut bukan dilakukan oleh guru, namun oleh siswa. Praktik-praktik baik tersebut dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada siswa membagikan keterampilan dan kemampuan yang dimilikinya kepada masyarakat. 

Ekspansi aksi literasi ke Desa Budaya Lalang sendiri merupakan bentuk kerjasama antara desa budaya tersebut dengan siswa SMAN 1 Manggar. Kerja sama tersebut dilakukan terutama dalam bentuk pembuatan konten-konten digital untuk Desa Budaya Lalang. 

Konten tersebut dibuat untuk mempromosikan kebudayaan di Desa Budaya Lalang, terutama kesenian Hadra yang terancam punah. Selain itu, setiap kegiatan Desa Budaya Lalang terutama acara Nepak Belulalang Fest juga akan dibuatkan konten digital oleh siswa SMAN 1 Manggar sebagai ajang promosi. 

BACA JUGA:SMAN 1 Manggar Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Perdamaian, Hadirkan Dosen UPI Bandung

Siswa yang melakukan ekspansi aksi literasi tersebut juga bukan merupakan siswa sembarangan. Mereka adalah siswa yang memiliki kecapakan dalam literasi digital terutama konten di sosial media. Yaitu, Gabriele Claresta Zou dan Nabila Sakinah yang merupakan siswa juara konten digital berupa reels dan tiktok tingkat nasional. 

Kemudian siswa lain yang tergabung dalam Broadcast Team SMAN 1 Manggar juga tidak ketinggalan berbagi pengalaman dalam mini workshop yang dilakukan oleh Desa Budaya Lalang.

Sebut saja Ade Rio Pratama, Muhammad Faisal Syanil, Muhammad Fadil Miswandi, Farel Caleb Triana, Aditya Pramudia, dan Intan Aulia. Tidak ketinggalan pembina Broadcast Team dan pembina Vlog SMANSA juga turut hadir yaitu Muhendy dan Hariyanto. 

“Excited sekali dapat berbagi pengalaman kepada perangkat desa dan seluruh tamu undangan yang hadir dalam Galoran Budaye Kampong Lalang ini. Alhamdulillah kami bisa langsung bersentuhan dengan masyarakat," ungkap Nabila Sakinah. 

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Gabriele Claresta Zou. Siswi yang akrab dipanggil Gaby ini  mengaku benar-benar bersemangat untuk membuat konten-konten promosi. 

BACA JUGA:Indra dan Daffa Banjir Hadiah di Semarak Merdeka Berkarya SMAN 1 Manggar

“Saya pribadi sangat bersemangat untuk membuat konten-konten Desa Budaya Lalang. Karena menurut saya hal ini adalah bentuk keterlibatan kami untuk dapat langsung membantu promosi desa ini. Kami sangat berharap dengan adanya konten-konten ini nantinya desa budaya Lalang dapat menjadi destinasi budaya yang populer," ungkap Gaby. 

“Hari ini kami bersama dengan tim vlog smansa dan broadcast melakukan ekspansi aksi literasi di desa Budaya Lalang. Ekspansi tersebut merupakan kerjasama antara pendamping pemajuan kebudayaan (DAYA) desa Lalang dengan SMAN 1 Manggar," ujar Hariyanto selaku pembina Broadcast Team dan pembina Vlog SMANSA.

"Kerja sama ini berkaitan dengan pembuatan konten digital dan promosi desa budaya Lalang. Kami disini sangat bersyukur dapat bekerja sama dengan desa Budaya Lalang karena ini adalah ajang untuk turun langsung dalam kegiatan masyarakat sesuai dengan minat bakat siswa-siswi kami," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sman 1 manggar