Siaran TV Analog Dihentikan, Ini Manfaat dan Keuntungan Migrasi Siaran TV Digital

Siaran TV Analog Dihentikan, Ini Manfaat dan Keuntungan Migrasi Siaran TV Digital

Ilustrasi: Pelaksanaan migrasi siaran TV Analog ke TV Digital banyak memberikan manfaat bagi masyarakat, lembaga penyiaran, hingga negara.--Nurul Fitriana/JawaPos.com

BELITONGEKSPRES.CO.ID, JAKARTA - Penghentian siaran tv analog atau analog switch-off (ASO) yang migrasi ke TV Digital ternyata mempunyai manfaat besar bagi banyak pihak.

Pelaksanaan ASO yang migrasi siaran TV Analog ke TV Digital banyak memberikan manfaat bagi masyarakat, lembaga penyiaran, hingga negara.

Demikian Manfaat ASO disampaikan Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kemkominfo) Usman Kansong.

Manfaat penghentian siaran TV Analog itu disampaikannya untuk memastikan agar seluruh masyarakat Indonesia bisa memahami dengan jelas maksud pelaksanaan ASO tersebut.

BACA JUGA:Masih Bingung, Ini Tips Aman Beli STB TV Digital, Ada 13 Merek yang Direkomendasikan

Sebagaimana Kemkominfo telah resmi resmi menghentikan siaran TV Analog khususnya di wilayah Jabodetabek sejak 2 November 2022.

Menurut Usman Kansong, manfaat migrasi ke TV Digital masyarakat akan menikmati kualitas siaran TV yang lebih baik.

"Karena gambarnya lebih bersih, suaranya lebih jernih dan teknologi yang lebih canggih,” ujar Usman Kansong dalam siaran persnya di Jakarta yang disebarkan, Sabtu (5/11).

Tidak hanya meningkat dari segi kualitas gambar, masyarakat Indonesia juga bisa menyongsong potensi lebih banyaknya.

Seperti konten-konten siaran dengan jumlah kanal yang semakin banyak. Sehingga itu tentunya akan tercipta konten-konten yang lebih berkualitas pula.

Kelebihan migrasi TV Digital lainnya ialah di samping adanya peningkatan kualitas gambar hingga kualitas isi konten, masyarakat juga bisa menikmati layanan ini secara gratis.

BACA JUGA:MNC Group Hentikan Siaran TV Analog, Hary Tanoesoedibjo Berikan Penjelasan

Siaran TV Digital bersifat free-to-air dan bukan TV berlangganan, jadi masyarakat tidak perlu berlangganan ataupun menggunakan kuota paket data internet,” terang Usman.

Ia juga menyebutkan lembaga-lembaga penyiaran yang telah melakukan migrasi dari sistem analog ke digital memiliki keuntungan. Khususnya dalam hal mengadopsi teknologi teranyar dan mengikuti perkembangan siaran TV secara global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: