22 Pelaku UMKM Beltim Terima Bantuan Alat Produksi dari Pemprov Babel

22 Pelaku UMKM Beltim Terima Bantuan Alat Produksi dari Pemprov Babel

Pelaku UMKM Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menerima bantuan alat produksi dari Pemprov Babel-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR – Sebanyak 22 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menerima bantuan alat produksi dari Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov Babel).

Bantuan alat produksi pelaku UMKM diserahkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Babel Yulizar Adnan di Kantor Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnakerkopukm) Beltim, Rabu (28/12).

Adapun bantuan sesuai dengan kebutuhan pelaku UMKM Beltim. Seperti freezer, etalase, lemari pendingin (showcase), oven, mixer, mesin obras benang, mesin jahit.

Kemudian ada bantuan mesin adonan ikan, mesin gilingan bakso, pemanggang, standing freezer, mesin cetak bakso, kompor gas, sealer dan spinner.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Babel Yulizar Adnan mengatakan, bantuan ini berasal dari Dana Insentif Daerah (DID) yang diberikan pemerintah pusat kepada Pemprov.

 Oleh Pemprov Babel bantuan alat produksi tersebut disalurkan kepada UMKM di 5 Kabupaten yakni Belitung Timur, Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, dan Bangka Selatan.

Total alokasi dana DID pemerintah pusat sebesar Rp 3,5 miliar. Terdiri 500 juta untuk operasi pasar atau bazar-bazar, Rp 3 miliar untuk bantuan alat produksi.

"Untuk alat baru terserap Rp 1,8 miliar, masih sisa Rp 1,2 miliar yang rencananya nanti akan diluncurkan tahun 2023,” kata Yulizar Adnan dilansir dari rilis Diskominfo Beltim.

Menurut Yulizar Adnan, tidak semua usulan alat bantuan yang diajukan pelaku UMKM di 7 kabupaten/kota Provinsi dapat dilaksanakan tahun 2022 ini.

Hal ini dikarenakan alat bantuan tidak tersedia di e-katalog dan Mbiz market serta beberapa usulan berupa peralatan mesin rakitan yang memerlukan waktu pre-order.

“Ini belanjanya melalui e-katalog sama mbiz. Yang sifatya masih rakitan gak bisa karena mengejar waktu. Semoga dengan alat ini produksi mereka (UMKM) meningkat, dan UMKM Belitung Timur bisa naik kelas,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Disnakerkopukm Beltim Gustaf Pilandra menyampaikan apresiasinya kepada Pemprov Kepulauan Babel atas bantuan yang diberikan kepada pelaku UMKM Beltim.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Belitung Timur mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap bantuan dari Provinsi untuk UKM yang ada di Belitung Timur. Alhamdulillah dari 25 usulan, ada 22 UMKM yang bisa diakomodir dengan 36 jenis barang yang ada,” sebut Gustaf.

Gustaf berpesan agar pelaku UMKM bisa memanfaatkan alat bantuan dengan sebaik-baiknya sehingga produksi usaha UMKM semakin meningkat dan perekonomian rakyat di Beltim semakin baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo beltim