Festival Pesona Garumedang 23, Sarana Edukasi Anak Mencintai Keindahan Warisan Geologi Dunia

Festival Pesona Garumedang 23, Sarana Edukasi Anak Mencintai Keindahan Warisan Geologi Dunia

Penyerahan lukisan keindahan lansekap Garumedang Tektites Geosite kepada Veri Yadi selaku pemilik Garumedang Tektites Geosite-Ist-

Komitmen Garumedang Tektites Geosite 

“Festival Pesona Garumedang 23” merupakan wujud komitmen Garumedang Tektites Geosite sebagai media untuk menumbuhkan rasa cinta akan warisan geologi dunia di kawasan tersebut.

Veri Yadi selaku Pemilik Garumedang Tektites Geosite mengatakan, rasa cinta ini diwujudkan melalui pemberdayaan kemampuan putra/putri Kecamatan Damar dalam seni melalui lukisan.

"Warisan dunia yang ada di Garumedang Tektites Geosite dan sekitarnya adalah titipan untuk kita semua yang harus di jaga dan dilestarikan," kata Veri Yadi yang juga pengelola Garumedang Tektites Geosite.

Pada acara tersebut Veri Yadi yang dulunya Konsultan Geopark Belitong mendapatkan hadiah berupa lukisan lansekap alam Garumedang Tektites Geosite.

Lukisan yang dilukis di atas kanvas merupakan mahakarya dari pelukis Rio Kartadinata dan dibantu oleh Mardiansyah (Ryan Payak).

Keindahan lukisan ini mengisyaratkan pesan akan karunia yang maha kuasa akan keindahan alam yang dianugerahkan kepada Garumedang. Dan itu dituangkan oleh seniman dalam karya seni yang menawan. 

BACA JUGA:Pengembangan KEK Pariwisata Tanjung Kelayang Belitung Belum Optimal, Peran BUPP Minim

Promosi Wisata Desa Sukamandi

Tujuan utama dari “Festival Pesona Garumedang 23” adalah untuk promosi wisata di Desa Sukamandi yang terpusat di kawasan sekitar Pantai Kuale Tambak.

Garumedang Tektites Geosite yang terletak di kawasan itu sejatinya adalah kawasan wisata yang berbasis “GeoWisata”. GeoWisata menguatkan warisan geologi dunia berupa satam (Billitonite) sebagai dasar pengembangan dan atraksi di Geosite Unesco Global Geopark (UGG) Pulau Belitung itu.

"Dengan acara ini, maka peserta dan juga orang tua perserta diharapkan mengenal keindahan alam, atraksi serta warisan dunia melalui lukisan sebagai sarana edukasi," kata Veri Yadi.

Sarana edukasi sebagai promosi wisata di Garumedang Tektites Geosite yang dilakukan melalui lomba mewarnai dan menggambar. Kegiatan itu telah mampu menstimulasi anak- anak untuk menggali kekayaan alam dan atraksi yang terkandung di Garumedang Tektites Geosite.

Berbagai fasilitas dan atraksi menyampaikan pesan penting yang terkait dengan sejarah, filosofi, estetika dan konservasi. "Pemahaman anak-anak tersebut menjadi sarana promosi yang disampaikan ke orang tua kerabat untuk berkunjung ke kawasan wisata Garumedang," ujarnya.

BACA JUGA:Wisata Geosite Bukit Peramun Siap Mendunia, Kemenparekraf Berikan Bantuan Rp 500 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: garumedang tektites geosite