Langkah Timnas Indonesia Terhenti di Kandang Vietnam, Kubur Mimpi Menuju Final Piala AFF 2022

Langkah Timnas Indonesia Terhenti di Kandang Vietnam, Kubur Mimpi Menuju Final Piala AFF 2022

Gelandang Timnas Indonesia Marc Klok melakukan protes kepada asisten wasit dalam laga melawan Vietnam di leg kedua semifinal Piala AFF 2022--(PSSI/Instagram)

Gol pertama Vietnam terjadi pada menit ketiga. Ketika itu, penyerang Vietnam Nguyen Tien Linh berhasil mengejar umpan lambung yang dilepaskan Do Hung Dung.

Nadeo Argawinata berupaya untuk menghalau bola dengan maju dari wilayah amannya, tetapi sepakan Tien Linh datang lebih cepat.

Menurut Shin, gol tersebut dieksekusi dengan baik oleh Tien Linh. Akan tetapi, selain kurang adaptasi, kualitas lapangan pun membuat Vietnam mampu membuka skor.

 “Kondisi lapangan stadion berbeda sekali dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, yang sempurna dan baik. Keadaan Stadion My Dinh bagi saya lebih baik saat di SEA Games 2021. Untuk sekarang, saya menyayangkan kondisi lapangannya. Namun, tim Vietnam sudah terbiasa dengan ini,” tutur Shin.

Kemudian, untuk gol kedua Vietnam, yang dicetak Nguyen Tien Linh pada menit ke-47 atau kurang dari dua menit begitu paruh kedua berjalan, Shin mengakui itu karena kurangnya konsentrasi anak-anak asuhnya.

Jordi Amat dan kawan-kawan disebut juru taktik asal Korea Selatan itu tidak mengawal lawan dengan baik.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Berikut Ini Daftar Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

BACA JUGA:Produksi Lada Petani Belitung Tidak Capai Target, Turun Hampir 50 Persen, 2 Faktor Ini Penyebabnya

“Konsentrasi pemain menurun. Padahal saya selalu mengingatkan kepada pemain harus berhati-hati terutama pada lima menit awal dan lima menit akhir pertandingan,” kata Shin.

Bagi Indonesia, kekalahan itu membuat mereka gagal memenuhi target PSSI untuk menjadi juara Piala AFF 2022. Adapun Vietnam akan menghadapi laga final melawan pemenang dari semifinal lainnya yang mempertemukan Malaysia dan Thailand.

Pertandingan leg kedua semifinal Thailand versus Malaysia itu digelar pada Selasa (10/1) di Stadion Thammasat, Rangsit, Thailand. Pada leg pertama di Kuala Lumpur, Malaysia, Thailand tunduk 0-1.

Susunan pemain:

Vietnam: Dang Van Lam, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung (Viet Anh Bui Hoang 51'), Nguyen Thanh Chung (Nguyen Thanh Binh 71'), Doan Van Hau, Ho Tan Tai, Nguyen Quang Hai (Nguyen Van Toan 90’), Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Tien Linh (Phan Van Duc 71'), Pham Tuan Hai. 

Indonesia: Nadeo Argawanita, Jordi Amat, Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam (Witan Sulaeman 57'), Rizky Ridho (Muhammad Rafli 78'), Pratama Arhan, Marc Klok, Dendy Sulistyawan, Saddil Ramdani (Ricky Kambuaya 57'), Marselino Ferdinan (Ilija Spasojevic 79'), Yakob Sayuri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos.com