Australia Maju ke Perempat Final, Taklukan Indonesia 4-0 Tanpa Balas

Australia Maju ke Perempat Final, Taklukan Indonesia 4-0 Tanpa Balas

Timnas Indonesia kalah 4-0 hadapi Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar Minggu 28 Januari 2024.--Antara

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Australia berhasil melaju ke perempat final setelah berhasil mengalahkan Timnas Indonesia di babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamid pada Minggu, 28 Januari 2024. Socceroos menang meyakinkan dengan skor 4-0 tanpa balas.

Australia, yang sedang berusaha merebut gelar Piala Asia AFC kedua setelah berhasil menjuarainya di kandang sendiri pada tahun 2015, berhasil memimpin pada menit ke-12 setelah serbuan Irvine mengenai Elkan Baggott sebelum kemudian menggandakan keunggulan di menit terakhir babak pertama ketika Boyle menerima umpan silang Gethin Jones dari kanan.

Craig Goodwin menambahkan gol ketiga tepat satu menit sebelum pertandingan berakhir dengan tendangan voli yang tepat, dan kurang dari dua menit kemudian, Harry Souttar menyundul gol keempat Australia.

BACA JUGA:Hasil Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Gagal ke Perempat Final Dibantai Australia

Meskipun Indonesia percaya diri terhadap permainan mereka dan tidak merasa tergantung pada peringkat FIFA, pasukan Shin Tae-yong yang berada di peringkat 121, tidak bisa menahan kekuatan Australia. 

Timnas Indonesia mencoba untuk memberikan harapan kepada para pendukungnya dengan terus berusaha walaupun hasilnya tidak sesuai dengan harapan.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) mengakui anak asuhnya kalah pengalaman dengan Australia, yang lebih tinggi dari segi pemain dan pelatih. 

Namun, STY menilai performa Timnas Indonesia tidak begitu kalah dan memuji para pemain atas penampilan mereka dan keberhasilan meloloskan diri dari fase grup setiap kali mereka tampil di Piala Asia.

BACA JUGA:Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Hadapi Australia di Babak 16 Besar

Meskipun gol bunuh diri pada menit ke-12 mempengaruhi semangat para pemain, Shin Tae-yong menolak untuk terbebani oleh kekalahan atau gol tersebut. 

Dia menekankan pentingnya melihatnya sebagai pengalaman belajar dan tumbuh sebagai sebuah tim yang lebih kuat.

Shin Tae-yong berharap bahwa kekalahan ini bisa dijadikan sebagai pengalaman yang positif bagi Timnas Indonesia, dan di masa depan, ia ingin timnya bisa lebih berkembang sehingga bisa mengimbangi kekuatan lawan-lawan yang lebih berpengalaman seperti Australia. 

Pelatih asal Korea Selatan ini berjanji untuk terus mendukung dan membimbing para pemainnya untuk mencapai potensi terbaik mereka, dan percaya bahwa dengan semangat juang dan dedikasi, timnas ini dapat meraih keberhasilan di masa depan.

Susunan Pemain Australia vs Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway