Penyimpangan Senioritas di Dunia Pendidikan

Penyimpangan Senioritas di Dunia Pendidikan

Rifania Aufadira --

Selain itu, tindak senioritas yang dilakukan tak sesuai aturan dan di luar batas wajar dapat menimbulkan dampak negatif. Apa saja contoh dampak negatif yang ditimbulkan? Antara lain, menimbulkan trauma bagi junior yang merasakan, menimbulkan dendam bagi junior yang bisa saja mereka melanjutkan tindak tersebut di angkatan selanjutnya. Apabila terdapat tindak kekerasan yang fatal, bisa menyebabkan korban jiwa.

Lalu, bagaimana cara agar bisa mengatasi tindakan senioritas ini? Apabila terjadi tindak penyimpangan senioritas, kita harus berani bersuara dan mengumpulkan bukti agar bisa dilaporkan ke pihak sekolah atau pihak berwajib (apabila sudah melanggar hukum). Hal ini dilakukan agar diberikan penindakan tegas.

Selanjutnya, kita sebaiknya bisa menjalin hubungan baik dengan senior, dan menunjukkan rasa percaya diri. Saat menghadapi senior yang berlagak hebat, hadapi dengan sabar dan bijak agar mereka segan, serta tunjukkan kemampuan kita melalui pencapaian-pencapaian yang bisa kita lakukan, serta masih banyak lagi lainnya yang bisa kita lakukan.

BACA JUGA:Dampak Mental Illness terhadap Kelangsungan Hidup Remaja

Penulis berharap tindak senioritas yang menyimpang tidak menjadi tradisi di dunia pendidikan. Karena dikhawatirkan akan menimbulkan dendam dan terjadi secara terus menerus, apalagi sampai menimbulkan persoalan yang fatal. Mari bersama-sama kita cegah penyimpangan senioritas dan tindakan tak bermoral lain yang mengganggu ketentraman dunia pendidikan. Mari wujudkan lingkungan pendidikan yang aman, damai, dan harmonis agar tercipta generasi emas harapan bangsa yang berkualitas dan berkarakter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: