PT Timah Dukung Pelaksanaan Muang Jong, Lestarikan Tradisi Suku Sawang Gantung

PT Timah Dukung Pelaksanaan Muang Jong, Lestarikan Tradisi Suku Sawang Gantung

PT Timah Tbk dukung pelestarian kebudayaan dan kearifan lokal muang jong Suku Sawang, Dusun Seberang, Desa Selinsing, Kecamatan Gantung-Ist-

GANTUNG, BELITONGEKSPRES.CO.ID - PT Timah Tbk dukung pelestarian kebudayaan dan kearifan lokal muang jong Suku Sawang, Dusun Seberang, Desa Selinsing, Kecamatan Gantung, Belitung Timur (Beltim).

Peringatan muang jong dimulai Jumat (17/2/2023) hingga puncak pada Minggu (19/2/2023) bertempat di Pantai Mudong, Gantung. Muang Jong merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan setiap tahun. 

Ketua Panitia Muang Jong, Palo mengatakan, pembuatan Jong atau miniatur perahu kayu tersebut tidak boleh sembarangan. Ada aturan khusus yang harus dilakukan, kayu yang dipakai harus Kayu Bakil yang mana kayu tersebut warga suku Sawang dapatkan di area hutan tertentu. 

Palo menjelaskan, jika ada sisa kayu dari pembuatan Jong tersebut, haruslah dibuang dan dilarung ke laut. Itu bersamaan dengan melarung Jong, pada saat acara Muang Jong.

Untuk tahun 2023 mereka membuat sejumlah tiga jong atau miniatur perahu kayu yakni satu berukuran besar dan dua lainnya berukuran kecil.

BACA JUGA:PAUD Mentari Kunjungi Terminal Manggar, Pengenalan Sejak Dini Jenis-jenis Transportasi

"Jadi Tahun ini kita buat 3 kapal, sebab kita tidak melaksanakan muang jong akibat pandemi Covid-19 pada tahun sebelumnya," jelas Palo, Rabu (22/2/2023).

Menurut Palo, pelaksanaan muang jong itu harus dilakukan, sebab itu merupakan adat mereka. Muang Jong tak hanya sekedar tradisi adat budaya suku Sawang belaka. 

Namun memiliki nilai-nilai penghormatan atas kearifan ajaran nenek moyang, yang mengingatkan untuk selalu bersyukur atas segala yang diterima. 

Atraksi ritual adat Muang Jong sebenarnya juga berpotensi sebagai daya tarik daerah Belitung Timur. "Jadi Muang Jong kali ini memerlukan biaya yang cukup tinggi," sebutnya.

BACA JUGA:Di Beltim Ada Operasi Pasar Murah Bersubsidi Jelang Lebaran Idul Fitri

Oleh karena itu, pihaknya selaku Ketua Panitia Muang Jong mengapresiasi PT Timah Tbk membantu ikut melestarikan tradisi mereka.

Pasalnya, dengan adanya bantuan dari PT Timah Tbk ini mereka bisa membuat perahu dan mendukung kegiatan tradisi tahunan Muang Jong tersebut.

Ia bersyukur pelaksanaan muang jong itu berlangsung lancar hingga selesai pelaksanaan. "Terima kasih kepada PT Timah Tbk telah membantu pelaksanaan muang jong ini, jadi acara ini hari Jumat, Sabtu, dan pagi Minggu," bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: