Pemilu 2024, Demokrat Target 1 Fraksi DPRD Belitung, Partai Buruh Tak Daftar Bacaleg

Pemilu 2024, Demokrat Target 1 Fraksi DPRD Belitung, Partai Buruh Tak Daftar Bacaleg

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Belitung, Rudi Hartono serahkan nasi tumpeng ke Komisioner KPU Kabupaten Belitung Divisi Teknis Penyelenggara Rezeki Aris Munazar saat daftar Bacaleg ke KPU, Sabtu (14/5).--Foto: BE/Dod

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Lima partai politik mendaftarkan Bacaleg (bakal calon legislatif) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) ke KPU Belitung, Sabtu (14/5).

Kelima Parpol tersebut diantaranya Partai Kebangkitan Nusantara, Golkar, PKB, Partai Gerindra dan ditutup Partai Demokrat. Rombongan DPC Demokrat datang pukul 15.59 WIB, yakni tepat satu menit sebelum batas waktu pengajuan pada hari itu.

Bahkan, rombangan itu membawa nasi tumpeng saat menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg Pemilu 2024.

Ketua DPC Demokrat Belitung, Rudi Hartono mengatakan dengan membawa nasi tumpeng tersebut diharapkan cita-cita para kader Demokrat pada Pemilu 2024 bisa terwujud.

BACA JUGA:Daftarkan 25 Bacaleg ke KPU, Golkar Belitung Siap Rebut Posisi Ketua DPRD

"Nasi tumpeng ini biasanya digunakan untuk acara-acara sakral seperti memperingati hari kelahiran sehingga kami membawa nasi tumpeng, kami berdoa semoga "nawaitu" kawan-kawan Demokrat untuk jadi wakil rakyat bisa terwujud," kata Rudi Hartono usai pendaftaran kepada Belitong Ekspres.

Menurut Rudi, DPC Partai Demokrat Belitung melakukan hal unik lainnya terkait dengan waktu tiba di kantor KPU Belitung untuk menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg Pemilu 2024, yakni pada pukul 15.59 WIB.

Ia memaparkan, hal ini sesuai arahan dan instruksi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat. "Hari ini tanggal 13 Mei kami secara serentak partai Demokrat se-Indonesia di "time limit" pada pukul 15.59 WIB mengajukan bakal calon ke KPU," jelasnya.

Rudi menerangkan, hal tersebut memiliki filosofi atau makna. Bahwa pada jam yang dimaksud tersebut adalah detik-detik perubahan. "Atau pada pukul 15.59 WIB adalah detik-detik menuju kebangkitan," terangnya.

Lebih lanjut menurutnya pendaftaran Bacaleg Demokrat di Kabupaten Belitung sudah memenuhi semua kriteria. Termasuk kuota perwakilan perempuan.

Pada Bacalon yang didaftarkan, juga mencampur nama-nama dari kader muda maupun kader-kader senior. "Itu agar ada nuansa baru yang akan menjabat legislatif nantinya," bebernya.

Kemudian, Rudi mengatakan, DPC Demokrat Belitung memasang target satu fraksi di DPRD Kabupaten Belitung pada pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang. "Kita menargetkan satu fraksi di DPRD Belitung, jadi bisa 3 kursi, 4 kursi, dan seterusnya," tandasnya.

Partai Buruh Tidak Daftar Bacaleg

Komisioner KPU Kabupaten Belitung Divisi Teknis Penyelenggara Rezeki Aris Munazar mengatakan, pihaknya masih menunggu pendaftaran Bacaleg sampai tanggal 14 Mei pukul 2:35 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: