Daftar Provinsi Terkaya di Indonesia 2023, Bangka Belitung Masuk Gak Ya?

Daftar Provinsi Terkaya di Indonesia 2023, Bangka Belitung Masuk Gak Ya?

Posisi pertama provinsi terkaya di Indonesia adalah DKI Jakarta. --lingkunganhidup.jakarta.go.id

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Meski sempat dihantam pandemi Covid-19 dua tahun terakhir, enam provinsi ini masih menempati peringkat provinsi terkaya di Indonesia 2023.

Enam provinsi terkaya di Indonesia pada tahun 2023 tersebut karena mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang begitu pesat dan gemilang.

Provinsi-provinsi terkaya di Indonesia 2023 ini bisa dilihat dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan indikator ekonomi lainnya. 

Deretan provinsi-provinsi terkaya di Indonesia karena berkontribusi besar terhadap PDRB nasional. Juga kontribusi yang signifikan pada perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Berikut ini enam provinsi terkaya di Indonesia berdasarkan PDRB yang dihimpun dari data Biro Pusat Statistik (BPS), Bank Indonesia, Kementerian Keuangan.

BACA JUGA:4 Mata Uang Negara Ini Terendah di Dunia, Pastinya Bukan Rupiah

BACA JUGA:7 Negara Terkaya di Asia 2023 Berikut Sumber Kekayaan, Apakah Termasuk Indonesia?

1. Provinsi DKI Jakarta

Posisi pertama provinsi terkaya di Indonesia adalah DKI Jakarta. DKI Jakarta sebagai ibu kota negara dan menjadi pusat keuangan terbesar di Indonesia.

Makanya DKI Jakarta memberikan kontribusi besar terhadap PDRB nasional dan menjadi provinsi terkaya pada tahun 2023 ini.

Sebagai pusat sektor keuangan, perdagangan, dan industri menjadi pilar utama mendongkrak pertumbuhan ekonomi di provinsi DKI Jakarta.

2. Provinsi Jawa Barat

Provinsi kedua terkaya di Indonesia ditempati Jawa Barat. Jawa Barat terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat dengan keberagaman sektor ekonomi.

Jawa Barat mampu memainkan peran penting dalam memberikan kontribusi besar PDRB provinsi ini. Mulai dari Sektor manufaktur, perdagangan hingga pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: