5 Provinsi Paling Kaya di Sumatera Berdasarkan PDRB, Nomor 1 Dengan Pesona Wisata Bahari

5 Provinsi Paling Kaya di Sumatera Berdasarkan PDRB, Nomor 1 Dengan Pesona Wisata Bahari

Kepulauan Anambas yang terkenal dengan wisata baharinya memiliki pendapatan per kapita mencapai Rp342 juta, menjadikan Kepulauan Riau Provinsi terkaya di Sumatera--reddoorz.com

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Pulau Sumatera tidak hanya kaya akan budaya dan alamnya yang memukau, tapi juga kekayaan ekonominya yang luar biasa.

Dengan kontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), ada 5 provinsi yang berhasil mencatatkan diri sebagai daerah paling kaya di Sumatera.

Dari data sensus terakhir di tahun 2022, kita tahu bahwa Sumatera berpenduduk 52,15 juta jiwa dan dibagi menjadi 10 provinsi.

Berdasarkan data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS), kita bisa melihat provinsi mana saja yang paling tajir di puncak daftar kekayaan Sumatera.

BACA JUGA:Siapa Pengusaha Muda Terkaya di Indonesia, Ini Dia Orangnya, Kekayaan Capai Rp33 Triliun

BACA JUGA:Ini Dia 5 Selebgram Terkaya di Indonesia, Sekali Endorse Bisa Ratusan Juta

PDRB itu penting, lho! Ini adalah ukuran ekonomi yang menunjukkan seberapa sehat dan kuat ekonomi suatu daerah. Nah, berikut ini 5 provinsi terkaya yang berhasil mencuri perhatian dengan PDRB mereka:

1. Provinsi Kepulauan Riau

Di puncak daftar provinsi paling kaya di Sumatera ada Kepulauan Riau, yang baru saja ‘merdeka’ dari Provinsi Riau. Provinsi ini bukan hanya terkenal dengan pantai dan lautnya yang indah, tapi juga dengan pendapatan per kapita yang wow banget!

Bayangkan, pendapatan per kapita di sini mencapai Rp130 juta per tahun. Itu artinya, setiap orang bisa mengantongi sekitar Rp11 juta tiap bulannya. Kemiskinan? Hampir tidak ada di sini, dengan angka hanya 6,24 persen.

Dan tau nggak? Meski Batam jadi rumah bagi banyak penduduk, tapi Anambas, yang letaknya jauh di luar daratan utama Sumatera dengan pesona wisata bahari, malah jadi juara dengan pendapatan per kapita mencapai Rp342 juta. Wow!

BACA JUGA:Daftar Provinsi Terkaya di Indonesia 2023, Bangka Belitung Masuk Gak Ya?

BACA JUGA:Deretan Artis Terkaya di Indonesia Saat Ini, Bapaknya Cipung Nomor Berapa Yah..?

2. Provinsi Riau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: babel pos