9 Khasiat Kesehatan Daun Mangga yang Sering Diabaikan Karena Dianggap Tidak Bermanfaat!

9 Khasiat Kesehatan Daun Mangga yang Sering Diabaikan Karena Dianggap Tidak Bermanfaat!

9 Khasiat Daun Mangga yang Sering Diabaikan Karena Dianggap Tidak Bermanfaat!--alodokter.com

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Daun mangga yang sering diabaikan karena tidak bermanfaat, ternyata memiliki beragam khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita.

Seperti halnya buahnya, daun mangga memiliki nilai gizi yang tinggi dan memberikan berbagai manfaat kesehatan. Daunnya dapat diolah menjadi makanan atau minuman sehat.

Kelebihan dari daun mangga ini terletak pada kandungan vitamin C, B, dan A yang tinggi, serta sifat antioksidan yang dimilikinya berkat kandungan flavonoid dan fenol. 

Tak hanya itu, baik daun mangga yang muda maupun yang sudah tua, telah lama dipercaya dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai jenis penyakit.

BACA JUGA:5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirsak Bagi Kesehatan, Salah Satunya Atasi Insomnia

Oleh karena itu, mari kita mulai gunakan daun mangga sebagai resep ramuan obat tradisional untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

Berikut adalah 9 khasiat daun mangga yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti dikutip dari laman Healthline.

1. Melindungi Tubuh

daunDaun mangga mengandung banyak senyawa tumbuhan, seperti polifenol dan terpenoid, yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan penglihatan dan sistem kekebalan tubuh. Terpenoid juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya atau radikal bebas.

Di sisi lain, polifenol memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Berbagai penelitian telah mengindikasikan bahwa polifenol dapat meningkatkan keseimbangan bakteri dalam usus, serta membantu mencegah dan mengatasi berbagai kondisi kesehatan seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

BACA JUGA:5 Cara Mengkonsumsi Bawang Putih Bagi Kesehatan, Nomor 1 Wau Banget!

Selain itu, dalam daun mangga juga terkandung senyawa polifenol yang dikenal sebagai mangiferin. Senyawa ini memiliki banyak manfaat, termasuk sebagai agen anti-mikroba yang dapat digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit seperti tumor, diabetes, penyakit jantung, dan gangguan pencernaan. Namun, perlu dilakukan lebih banyak penelitian untuk memahami pengaruhnya pada manusia secara lebih mendalam.

2. Mengatasi peradangan

Daun mangga mengandung senyawa mangiferin yang memiliki sifat anti-inflamasi, yang sangat berguna untuk meredakan peradangan. Walaupun peradangan adalah bagian alami dari respons imun tubuh, peradangan yang menjadi kronis dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: