3 Tips Memulai Bisnis Online, Pelaku UMKM Simak Baik-baik

3 Tips Memulai Bisnis Online, Pelaku UMKM Simak Baik-baik

3 Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pelaku UMKM -Grafis/BE-Bukalapak

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Pandemi Covid-19 banyak membuat perubahan dalam tatanan sosial kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah bisnis memanfaatkan media sosial sebagai cara baru berjualan tanpa harus bertemu langsung antara penjual dan pembeli. 

Ada yang langsung sukses ketika kali pertama menjual secara online dan ada pula yang masih berjuang mendapatkan pelanggan. Semua bisnis melalui proses yang beda-beda dalam menghasilkan keuntungan dari jualan online.

Namun banyak juga pelaku usaha khususnya UMKM belum tersentuh atau tertarik menggunakan media sosial sebagai pasar produk bisnis mereka. Ada beberapa alasan yang mungkin saja menjadi faktor kendala. 

Pertama, kebanyakan pelaku UMKM adalah ibu rumah tangga yang belum memiliki gadget pendukung. Kedua, merasa adaptasi mereka akan jauh lebih sulit ketimbang berjualan langsung dan memiliki pelanggan tetap.

BACA JUGA:6 Bisnis Rumahan yang Terbukti Cuan, Kamu Bisa Raup Uang Jutaan

BACA JUGA:Jualan Tanpa Stok, Jadi Mitra Sisuka Tetap Untung Kurangi Resiko Kerugian

Ketiga, banyak yang merasa penjualan online hanya akan menambah kesibukan mereka ketika harus mengecek stok, menjawab pertanyaan hingga packing pengiriman. Sebab biasanya UMKM hanya perlu menghasilkan produk dan sudah ada yang langsung siap menampung.

Beragam alasan di atas sebenarnya bisa dipahami jika pelaku UMKM dapat mengikuti tips memulai bisnis online. Simak baik-baik informasi berikut ini.

1. Adaptasi Cara Berjualan

Sebenarnya berjualan secara online tidak sesulit yang dibayangkan. Tapi tidak pula dapat dikatakan mudah atau sederhana. Ada yang harus diperhatikan saat memulai sebuah bisnis yang marketnya adalah pengguna internet sekaligus konsumen market di manapun berada.

Penjualan secara online lebih memperhatikan penawaran yang jelas, singkat dan tepat sasaran. Gunakan kalimat tak baku agar konsumen tertarik dan tampilkan foto produk UMKM yang akan dijual dengan kemasan menarik mata. 

BACA JUGA:Oktober, IKN Buka Lowongan 355 Formasi PPPK 2023, Berikut Poin Persyaratannya

BACA JUGA:Tips Mengurangi Beban Pinjaman Online, Salah Satunya Nomor 4 Layak Dipikirkan

Jika hal ini berhasil, maka anda tinggal menunggu pesanan pertama diterima. Ingat, kualitas produk anda harus sama baiknya dengan produk yang ditampilkan dalam bentuk foto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: