Ini Cara Membedakan Buah yang Matang Alami dan Masak Hasil Karbitan

Ini Cara Membedakan Buah yang  Matang Alami dan Masak Hasil Karbitan

Ilustrasi: Cara Membedakan Buah yang Matang Alami dan Hasil Karbitan--

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Menikmati buah yang matang secara alami tentunya memiliki rasa yang jauh lebih enak ketimbang buah yang masak melalui proses buatan alias buah karbitan.

Namun tak jarang banyak penjual buah yang menggunakan karbit untuk mematangkan buah dan buah yang sering di karbit agar cepat masak seperti pisang, alpukat, nanas, durian, jambu biji dan sebagainya.

Buah yang dikarbit walau sudah berubah warna seperti matang sebetulnya belum matang sempurna dan pasti rasa manisnya akan sangat berbeda dengan buah yang masak secara alami.

Selain itu di segi gizi dan manfaatnya tentu buah matang alami jauh lebih baik ketimbang dengan buah yang melalui proses karbitan.

BACA JUGA:Simak! 8 Manfaat Luar Biasa Rutin Mengkonsumsi Buah Semangka

Pada kondisi tertentu, kalau karbit nya terlalu lama, maka kalsium itu akan itu akan masuk ke buah itu, masuk kedalam daging buah, otomatis bahasa untuk kesehatan saat dikonsumsi.

Oleh sebab itu, sebelum membeli buah kalian harus tahu untuk membedakan buah yang matang alami dan matang lewat proses karbitan.

Dilansir dari berbagai sumber, daging buah matang atau masak dikarbit sering tidak lembut merata dan ada bagian yang membatu.

Pertama, buah yang di karbit lebih cepat busuk atau rusak, minimal warnanya cepat pudar sedangkan buah masak alami kalau kulitnya mulai membusuk biasanya isinya masih bagus.

BACA JUGA:5 Buah Ini Wajib Kamu Coba, Jika Mau Kulit Wajah Mulus Terawat dan Bebas Jerawat

Kedua, warna masak buah tidak sempurna dan terlihat sedikit pucat berbeda dengan buah masak alami bentuknya lebih cerah.

Ketiga, rasa buah yang di karbit hambar dan tidak manis sempurna dan tidak segar. Berbeda dengan masak alami manisnya sempurna dan tidak sepat.

Keempat, aroma buah yang masak karbitan tidak sekuat aroma buah masak alami oleh sebab itu sebelum membeli buah lebih baik aroma buah di cium lebih dahulu.

Kelima, gagang atau tapuk buah hasil karbitan tampak hitam dan pucat, beda dengan bagian tapuk buah yang masa alami. Maka bisa periksa tapuk atau gagangnya lebih dulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: