Cara Memilih Ikan Segar dan Layak Dimasak, Ini Ciri-Ciri yang Harus Kalian Tahu!

Cara Memilih Ikan Segar dan Layak Dimasak, Ini Ciri-Ciri yang Harus Kalian Tahu!

Ilustrasi: Cara Memilih Ikan Segar dan Layak Dimasak--freepik

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Ikan adalah hewan vertebrata berdarah dingin yang menghuni lingkungan air dan mengambil oksigen melalui insang. Ikan membentuk kelompok vertebrata dengan jumlah spesies terbanyak di seluruh dunia.

Sudah jadi rahasia umum, ikan merupakan sumber protein hewani yang penting, mengandung asam lemak tak jenuh seperti omega, yodium, selenium, florida, zat besi, dan magnesium.

Tidak hanya itu, kandungan omega-3 dalam ikan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya seperti daging sapi dan ayam. Oleh karena itu, selain memiliki rasa lezat, hidangan olahan ikan juga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Dalam artikel ini kita akan berbagi informasi tentang cara membedakan ciri-ciri ikan yang masih segar dan tidak. Ini penting agar tidak salah pilih memasak ikan segar.

BACA JUGA:Perawatan Kulit Wajah Jaga Kecantikan, Ini Tujuh Brand Skincare Lokal Terbaik Tahun 2024

Hal ini juga bertujuan agar saat membeli ikan di pasar tidak ada kekecewaan karena ikan yang dibeli ternyata kurang segar atau kurang fresh.

Berikut adalah cara memilih ikan yang masih segar dan layak untuk dimasak yang harus kalian tahu. Berikut penjelasananya:

1. Kondisi Fisik Ikan

Pertama-tama, perhatikan kondisi fisik ikan, termasuk mata, sisik, dan insang. Pastikan mata ikan terlihat bening. Sisik yang masih banyak menandakan kesegaran. Insang yang berwarna kemerahan juga menjadi indikator kualitas ikan.

2. Aroma Ikan

Ikan yang masih segar umumnya memiliki aroma amis yang khas. Jika aroma tersebut tetap segar, itu adalah tanda baik. Namun, jika ikan sudah tidak segar, aroma akan lebih menyengat dan asam.

BACA JUGA:Yamaha RX King Raja Jalanan Era 1980-an, Masih Digemari Pencinta Sepeda Motor Hingga Sekarang

3. Tekstur Daging Ikan

Saat memilih ikan, tekan bagian perut. Jika daging kembali ke bentuk semula dengan tekstur yang kenyal dan padat, itu menandakan bahwa ikan masih segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: