10 Tips Jitu Lolos SNBP 2024 yang Harus Kamu Pahami

10 Tips Jitu Lolos SNBP 2024 yang Harus Kamu Pahami

Ilustrasi: Tips Jitu Lolos SNBP 2024 yang Harus Kamu Pahami--Freepik

BELITONGEKSRES.CO.ID - Inilah 10 tips jitu yang harus Kamu ketahui agar lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) pada tahun 2024. Ini penting bagi siswa ingin melanjutkan kuliah.

SNBP adalah salah satu jalur masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ditujukan untuk siswa SMA/SMK/MA berprestasi. 

Jalur ini sangat diminati oleh banyak siswa kelas 12 yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, untuk lolos SNBP 2024 tidaklah mudah. Butuh persiapan yang matang tentunya. 

Kamu harus mempersiapkan diri dengan baik dan matang agar dapat bersaing dengan ribuan peserta lainnya. Lalu, bagaimana caranya? Simak 10 tips jitu lolos SNBP 2024 berikut ini.

BACA JUGA:Tes UTBK SNBT 2024: Simak Materi dan Contoh Soal yang Wajib Dikuasai

1. Memahami Aturan Dasar SNBP

Sebelum mendaftar SNBP, siswa harus memahami aturan dasar yang berlaku. Aturan ini dapat dilihat di laman resmi Kemdikbud Ristek1 atau akun-akun media sosial resmi terkait.

Dengan memahami aturan dasar, siswa dapat mengetahui syarat-syarat, jadwal, prosedur, dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan SNBP.

2. Menganalisis Nilai Rapor

Nilai rapor merupakan salah satu komponen penilaian yang sangat berpengaruh dalam SNBP. Kamu harus menganalisis nilai rapor mereka dari semester 1 hingga 5 dengan mengacu pada kebijakan terbaru dari Kemdikbud Ristek. Setelah itu, Kamu dapat menyesuaikan nilai rapor dengan jurusan kuliah yang diinginkan.

3. Menyesuaikan Nilai Rapor dengan Jurusan

Siswa harus menyesuaikan nilai rapor mereka dengan jurusan kuliah yang dituju. Jika nilai rapor tidak memenuhi persyaratan jurusan tertentu, Kamu dapat memilih jurusan lain yang lebih sesuai dengan nilai rapor.

BACA JUGA:SNBP 2024: Panduan Lengkap Syarat, Cara Daftar dan Jadwal UTBK

Kamu juga harus memperhatikan konsistensi nilai rapor Kalian dari semester ke semester. Nilai mata pelajaran yang dilihat adalah keseluruhan, bukan hanya mata pelajaran tertentu saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber