Erick Thohir Pimpin Karya Nyata Fest di Tanjung Pendam, Dihadiri 11 Ribu Pengunjung

Erick Thohir Pimpin Karya Nyata Fest di Tanjung Pendam, Dihadiri 11 Ribu Pengunjung

Perwakilan dari Kementerian BUMN, yaitu Arya Sinulingga hadir dalam pemeran UMKM di tanjung Pendam.--Istimewa

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menegaskan dukungannya untuk memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia, termasuk di daerah Belitung. 

Kali ini, Thohir memimpin acara Karya Nyata Fest Volume 5 yang berlangsung di Pantai Tanjung Pendam, Kabupaten Belitung selama tiga hari, dari tanggal 16 hingga 18 Februari 2024. 

Acara ini dihadiri oleh 11.800 pengunjung dan menjadi upaya yang cukup signifikan dalam mendukung UMKM secara nyata.

Ada total 81 UMKM yang terdiri dari 24 UMKM kerajinan dan 57 UMKM kuliner yang meramaikan Karya Nyata Fest di Belitung. Dalam kegiatan yang sangat meriah itu, penjualan total UMKM mencapai Rp 411 juta. 

Selain sebagai ajang bisnis, acara ini turut berperan sebagai wadah untuk memajukan UMKM lokal di daerah tersebut.

BACA JUGA:Syarat dan Kriteria UMKM yang Bisa Dapat Pinjaman KUR BRI 2024

Erick Thohir mengirimkan perwakilan dari Kementerian BUMN, yaitu Arya Sinulingga, untuk hadir dalam acara tersebut. 

“Kami melihat bahwa di Belitung belum ada pengembangan UMKM yang signifikan, oleh karena itu, Menteri Erick Thohir meminta agar PT Timah turut terlibat dalam mengembangkan UMKM di daerah ini,” kata Sinulingga.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada CEO dan CFO Muda Rumah BUMN Belitung yang turut berkontribusi dalam menggerakkan perekonomian di sana.

Pemerintah setempat sangat merespons positif menyambut acara Karya Nyata Fest. PJ Bupati Belitung, Yuspian, menegaskan bahwa pariwisata masih menjadi tulang punggung ekonomi di Belitung. 

BACA JUGA:Mengenal KUR Pegadaian Syariah, Solusi Permodalan Tanpa Riba untuk UMKM

“Meskipun belum sepenuhnya pulih pasca Pandemi Covid, kegiatan ini sangat positif. Kami berharap Karya Nyata Fest dapat menjadi kegiatan rutin yang terus dilaksanakan, memberikan kontribusi signifikan terhadap laju perputaran ekonomi di Belitung,” ungkapnya.

Kepala Divisi CSR Timah, Rahmat Taufiq menyatakan kegembiraannya atas acara tersebut. PT Timah berkomitmen untuk terus berperan dalam mengembangkan nilai ekonomi dan sosial di Belitung.

PT Timah dan PT Taspen mendukung penyelenggaraan Karya Nyata Fest Vol.5. BUMN lain seperti Jamkrindo, BTN, Telkom, PNM, Pos Indonesia, Angkasa Pura I, PIHC, PTBA, dan ITDC juga turut mendukung acara tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber