Prabowo Dapat Pangkat Jenderal Kehormatan dari Presiden Jokowi, Resmi Menyandang Titel Baru

Prabowo Dapat Pangkat Jenderal Kehormatan dari Presiden Jokowi, Resmi Menyandang Titel Baru

Presiden Jokowi (kiri) menyematkan pangkat Jenderal TNI Kehormatan kepada Menhan Prabowo Subianto (tengah) disaksikan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri Tahun 2024 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, R-- ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa

BELITONGEKSPRES.CO.ID, JAKARTA - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto diberi kenaikan pangkat istimewa oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Jenderal TNI kehormatan.

Penghargaan Jenderal TNI kehormatan tersebut diberikan sebagai bentuk pengakuan atas jasa dan kontribusi Prabowo dalam bidang pertahanan dan keamanan nasional.

Prabowo, yang sebelumnya berpangkat purnawirawan jenderal bintang tiga, resmi menyandang titel baru “Jenderal TNI (HOR)” di depan namanya sejak hari ini Rabu, 28 Februari 2024. 

Dia menjadi salah satu dari beberapa purnawirawan TNI yang mendapatkan kenaikan pangkat istimewa jenderal kehormatan, seperti Luhut Binsar Pandjaitan, Hendropriyono, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Sarwo Edhie Wibowo.

BACA JUGA:Dua Laporan Tak Ditanggapi, Tim Hukum Amin Laporkan Bawaslu ke DKPP

BACA JUGA:Tolak Pengajuan Hak Angket, AHY Sarankan Mulai Rajut Rekonsiliasi Bangsa

Penganugerahan pangkat istimewa kepada Menteri Pertahanan atau Menhan itu dilakukan dalam rangkaian Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri Tahun 2024 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta.

Presiden Jokowi, yang juga membuka rapat tersebut, menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo dan menyerahkan keputusan presiden (keppres) yang menjadi dasar kenaikan pangkat tersebut.

“Saya ingin menyampaikan penganugerahan pangkat secara istimewa berupa Jenderal TNI kehormatan kepada Bapak Prabowo Subianto. Penganugerahan ini adalah bentuk penghargaan sekaligus peneguhan untuk berbakti sepenuhnya kepada rakyat, kepada bangsa, dan kepada negara,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga melepaskan tanda pangkat jenderal bintang tiga, dan menyematkan tanda pangkat jenderal bintang empat kepada Prabowo. Prabowo terlihat mengenakan seragam PDU TNI dengan lengkap, termasuk brevet, tanda jasa, dan tanda kehormatan.

BACA JUGA:Penyakit Lato-lato Serang Lebih dari 300 Sapi di Babel, Begini Cara Penularan

BACA JUGA:Tracking Kekayaan Tersangka Korupsi Timah Babel, Deposito Rp 1 Triliun Ditemukan

Dalam acara tersebut, beberapa orang dekat Prabowo hadir dan duduk di barisan depan, di antaranya putra tunggal Prabowo, Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo, yang juga akrab disapa Didiet Prasetyo.

Rapat gabungan TNI-Polri tahun ini mengusung tema "TNI-Polri Siap Mewujudkan Pertahanan Keamanan untuk Indonesia Maju". Dalam pertemuan itu Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo duduk bersama Presiden Jokowi dan Prabowo di tengah panggung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara