Kehadiran Peserta KHI di Beltim Diharapkan Berdampak Bagi Produk UMKM

Kehadiran Peserta KHI di Beltim Diharapkan Berdampak Bagi Produk UMKM

Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar-Foto: Muchlis Ilham-belitongeekspres.co.id,

BELITONGEKSPES.CO.ID, MANGGAR - Kehadiran 40 orang peserta Kongres Halal Internasional (KHI) di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Kamis (16/6) diharapkan memberi dampak bagi produk-produk UMKM daerah agar mampu bersaing dipasar global. 

Wakil Bupati (Wabup) Beltim Khairil Anwar menyambut dan menemani rombongan mulai dari Bandara Hanandjoedin, SD Laskar Pelangi, serta Sholat Ashar di Mesjid Yusuf Bakri. Sedangkan Bupati Beltim Burhanudin menyambut rombongan di Guest House A1 Bukit Samak Manggar.

Khairil Anwar menyatakan terpilihnya Bangka Belitung (Babel) sebagai tempat pelaksanaan KHI yang dihadiri Wakil Presiden RI KH Ma'aruf Amin tentu tidak lepas dari sertifikat halal 6 sektor unggulan. Sejalan dengan itu, melalui KHI juga menjadikan produk UMKM daerah segera memperoleh sertifikat halal.

Berdasarkan informasi, MUI sebagai lembaga yang berwenang menerbitkan sertifikat halal telah menerbitkan sekitar 2.200 sertifikat halal bagi produk UMKM di Babel.

"Dengan dilaksanakan Kongres Halal Internasional di Bangka Belitung, ya kita ingin mendorong percepatan produk halal Indonesia agar dapat bersaing di tingkat global. Sehingga tahun 2024 sebagaimana yang dicanangkan akan tercapai. Salah satunya Babel ikut mendorong itu," ungkap Wabup Khairil, Kamis (16/6) kemarin.

Terkait dengan kunjungan peserta KHI ke Beltim dan Pulau Belitong pada umumnya sangat di apresiasi Pemerintah daerah. Namun tak cukup sampai disana, para pihak harus saling sinergi dan berkolaborasi antara OPD terkait untuk menyikapi semua produk-produk UMKM supaya nantinya berlebel halal.

"Ini guna mendorong niat pemerintah pusat di tahun 2024, (produk UMKM) sudah bisa bersaing di tingkat global. Terutama di organisasi OKI," kata mantan Camat Simpang Pesak itu.

Dikatakan Wabup Khairil, sampai saat sekarang ini, beberapa produk pertanian dan UMKM di Beltim telah mendapat sertifikat halal. Hanya saja, sertifikat yang dimiliki pelaku usaha masih relatif kecil dibandingkan data jumlah UMKM.

"Berkaitan dengan itu kita harus kerjasama dengan MUI dan stakeholder lain untuk mencapai itu. Tujuan Pj Gubernur yang tadinya sudah menyurati presiden untuk kehadiran di kongres, kita harus sama-sama cepat dan tidak bermain-main lagi. Ego sektor hilangkan dalam rangka kita mempercepat ini," harap Wabup Khairil.

Sesuai jadwal, para peserta KHI akan dibawa ke sejumlah tempat wisata di Beltim dan dilanjutkan dengan ramah tamah dengan Bupati Beltim di Guest House Bukit Samak. Peserta juga akan dihibur kesenian daerah serta menyaksikan produk-produk UMKM yang dihasilkan pelaku usaha di Beltim. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: