Duta Genre Tingkat Desa di Belitung Dikukuhkan

Duta Genre Tingkat Desa di Belitung Dikukuhkan

Deputi APDIN BKKBN, Sukaryo Teguh Santoso memberikan selamat kepada Duta Genre tingkat Desa dan Kelurahan Kabupaten Belitung--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, SIJUK - Duta Generasi Berencana (Genre) tingkat Desa dan Kelurahan Kabupaten Belitung telah dikukuhkan Kampung KB Desa Keciput Kecamatan Sijuk.

Adapun Duta Genre yang dikukuhkan secara simbolis yakni sebanyak 10 yang berasal dari Kelurahan Lesung Batang, Desa Dukong, Desa Keciput, Desa Tanjung Binga, Desa Sijuk, bertempat di Kantor Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Rabu (27/7).

Duta Genre tingkat desa atau kelurahan itu dikukuhkan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Bakri Heuriansyah mewakili Bupati Belitung H. Sahani Saleh dan disaksikan langsung oleh Deputi APDIN BKKBN, Sukaryo Teguh Santoso.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Belitung Salman Alfarisi, mengatakan Duta Genre itu ada di setiap Desa, karena untuk mengurangi kerumunan sehingga diambil perwakilan saja.

BACA JUGA:Hellyana 'Ramah Tamah Untuk Belitung Masa Depan'

"Duta genre dipilih murid-murid pilihan, mereka menjadi wakil mulut pemerintah versi remaja, sehingga kita pemerintah menyampaikan nasehat dan sosialisasi kepada pelajar atau anak-anak menjelang usia pernikahan dalam bahasa mereka," kata Salman Alfarisi kepada Belitong Ekspres usai acara tersebut.

Menurut Salman, Duta Genre di Belitung sudah lama ada, namun fokusnya berbeda, kali ini lebih dikembangkan untuk membantu pemerintah menekan potensi stunting, sebab salah satu penyebab stunting itu pernikahan usia dini.

"Ujung tombak genre ini ada disetiap Desa, dan tugas mereka menjadi penyampai pesan pemerintah terkait pembentukan generasi selanjutnya yang baik dan lebih bermutu," bebernya.

BACA JUGA:DITLAPTIK BKKBN Laksanakan Temu Kerja Pemutakhiran Pendataan Keluarga 2022 di Belitung

Sementara itu, Deputi APDIN BKKBN, Sukaryo Teguh Santoso mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada duta genre yang dikukuhkan. Harapan duta genre itu menjadi komunikator dan  penyambung lidah kepada teman-teman sebayanya.

"Sehingga mereka bisa memiliki ilmu dalam mempersiapkan diri menjadi sebuah keluarga yang siap segalanya, baik fisik, mental dan lainnya," katanya.

Turut Hadir dalam pengukuhan duta genre yakni Kepala BKKBN Provinsi Babel Fazar Supriadi Santosa, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Provinsi Babel Asyraf Suryadin, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Bakri Heuriansyah, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Belitung Salman Alfarisi, ketua Dharma Pertiwi Cabang Belitung Izza Hairil Achmad, wakil ketua Dharma Pertiwi Cabang Belitung Ingrid Rudi Hartono dan tamu undangan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: