Bupati Beltim Tegas Membantah Tak Serius Usulkan WPR, Tidak Mungkin Jebloskan Rakyat ke Penjara

Bupati Beltim Tegas Membantah Tak Serius Usulkan WPR, Tidak Mungkin Jebloskan Rakyat ke Penjara

Bupati Beltim Burhanudin--

Pasalnya, sektor pertambangan mineral logam timah masih menjadi salah satu sumber utama mata pencarian sebagian besar masyarakat dan sebagai penyumbang terbesar dari PAD Beltim. Karenanya hasil tambang masih berpengaruh besar terhadap stabilitas perekonomian, keamanan dan ketertiban masyarakat.

BACA JUGA:Tagih Janji, Penambang Bersama LSM Minta DPRD Beltim Gelar RDP, Sampaikan Sejumlah Tuntutan

Hadir menerima kedatangan penambang, Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja, Anggota Komisi I DPRD Husaini Rasyid dan Anggota Komisi III DPRD Beltim Akhlanudin. Sedangkan pegiat LSM yang mendampingi penambang, Ketua LSM Fakta Ade Kelana, Ketua LSM Warna Indonesia Samsurizal dan Koordinator Wakasbangda Beltim Rudi Juniwira.

"Mengingat permasalahan yang akan kami sampaikan, maka dengan ini dimohon kepada DPRD Kabupaten Beltim untuk menghadirkan para pihak," ujar Samsurizal Ketua LSM Warna Indonesia Kabupaten Beltim.

Sementara itu, koordinator Wakasbangda Beltim Rudi Juniwira menjelaskan, para pihak yang diundang adalah pihak yang dapat memberikan solusi. Di antaranya Pj Gubernur Provinsi Babel, Bupati Beltim, dan Kapolres Beltim.

BACA JUGA:Fezzi Uktolseja Segera Tindaklanjuti Hasil Pertemuan dengan LSM dan Penambang, Terkait WPR

Selain itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Beltim, PT Timah, PT Belitung Inti Perkasa, PT Menara Cipta Mulia, PT Tommy Utama, yang merupakan semelter di Kabupaten Beltim dan Kepala Desa Gantung.

"Kami mengajukan permohonan dengan membawa aspirasi masyarakat penambang kepada DPRD Kabupaten Belitung Timur atas permasalahan-permasalahan saat ini," ujar Rudi Juniwira.

Permasalahan dimaksud di antaranya menagih janji Bupati Belitung Timur atas Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) yang akan di tetapkan sebagai lokasi yang aman dan potensial untuk masyarakat yang akan menambang timah. 

Kemudian, pemberian kesempatan dan perlakuan yang sama kepada penambang rakyat, stabilitas harga yang wajar serta transparansi lokasi untuk melakukan kegiatan penambangan di WIUP PT Timah.

Bupati Beltim Membantah Tak Serius Usulkan WPR

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: