Jaga Toleransi Umat Beragama, Banser Belitung Siap Amankan Ibadah Natal dan Tahun Baru

Jaga Toleransi Umat Beragama, Banser Belitung Siap Amankan Ibadah Natal dan Tahun Baru

Pasukan Banser Belitung siap mengamankan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Ratusan pasukan Barisan Ansor Serba Guna (Banser) Kabupaten Belitung siap jaga dan amankan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 mendatang.

Satkorcab Banser Belitung Trias Rorey mengatakan, seluruh Banser di Indonesia ditugaskan langsung oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Mereka diminta untuk membantu sejumlah instansi mengamankan Natal dan Tahun Baru.

"Hari ini surat perintah sudah keluar untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023," kata pria yang akrab disapa Jend Rorey kepada Belitong Ekspres, Senin (19/12) kemarin.

Jend Rorey menjelaskan, di Belitung sekitar kurang lebih delapan gereja yang menggelar ibadah pada natal tahun ini. Seluruh lokasinya berada di wilayah Tanjungpandan.

BACA JUGA:73 Atlet Panahan Ikut Kejuaraan Archery Belitung Satam Cup 2022, Sekaligus Latihan Gabungan

Setelah mendapat amanah dari Menteri Agama, rencananya besok (hari ini,red) sejumlah perwakilan dari Banser akan berkoordinasi langsung dengan pihak kepolisian. "Kita dalam waktu dekat akan bertemu pihak Polres Belitung untuk koordinasi masalah pengalaman," jelasnya.

Dalam pengamanan di sejumlah titik Gereja Tanjungpandan, organisasi Banser di bawah naungan Nadhlatul Ulama (NU) ini akan menyiapkan pasukan terbaiknya. 

"Personil yang akan kita kerahkan sudah berpengalaman. Sebelumnya, mereka juga terlibat pengamanan di Lampung, saat pemilihan ketua NU," ungkap Jend Rorey.

Dia menambahkan, tujuan utama Banser mengamankan ibadah natal sebagai bentuk toleransi antar umat beragama.

BACA JUGA:Pendukung Argentina di Belitung Full Senyum, Tim Tango Juara Piala Dunia 2022

"Kita tegas, kita di Belitung tidak ingin hal-hal seperti di luar terjadi. Kami dari Banser menginginkan perayaan natal dan tahun baru di Belitung aman," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: