Bulan Desember 2022, 95 Anak Ikut Khitanan Massal Baznas Belitung

Bulan Desember 2022, 95 Anak Ikut Khitanan Massal Baznas Belitung

Salah peserta anak yang ikut khitanan massal yang diselenggarakan Baznas Kabupaten Belitung-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Sebanyak 95 anak ikut khitanan atau sunatan massal yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Belitung di bulan Desember 2022.

Kegiatan pelaksanaan khitanan massal 2022 dilaksanakan di 3 Kecamatan, yakni Sijuk pada Sabtu (17/12), Membalong Selasa (20/12) dan Tanjungpandan Kamis (22/12). 

Ketua Baznas Belitung Firmansyah mengatakan, jumlah peserta sunatan masal di Kecamtan Tanjungpandan 36 anak, Kecamatan Sijuk 30 anak dan Kecamatan Membalong 29 anak. 

"Total keseluruhan peserta yang kami khitan ada 95 anak dan dengan total pengeluaran dana sebesar Rp 50 Juta," kata Firmansyah kepada Belitong Ekspres, Rabu (28/12) kemarin.

BACA JUGA:Kapolres Belitung Ingatkan Masyarakat Cuaca Ekstrem, Jangan Mancing dan Liburan ke Pulau

Menurut Firmansyah, kegiatan khitanan tersebut dilaksanakan di masing-masing Puskesmas Kecamatan, kecuali Tanjungpandan yang digelar di Kantor Baznas Belitung. "Moment kegiatan sunatan massal ini kami lakukan bertepatan dengan libur anak-anak sekolah dasar," bebernya.

Firmansyah menerangkan, target yang semula Baznas rencanakan sebanyak 100 anak. Namun kenyataan di lapangan yang bisa dilakukan khitan sebanyak 95 anak dari golongan keluarga tidak mampu (mustaqik). 

"Alasan tidak tercapai karena ebagian anak ada yang takut disunat. Kemudian sebagaian juga tidak datang pada saat pelaksanaan kegiatan sunatan," terang Firmansyah.

Ia menambahkan, sumber dana kegiatan tersebut dialokasikan dana zakat yang dibayarkan oleh para muzakki melalui Baznas Kabupaten Belitung Firmansyah bersyukur kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. 

BACA JUGA:Nasib Midin Warga Buluh Tumbang Puluhan Tahun Berkebun, Lahan Kini Bersertifikat Atas Nama Orang Lain

Oleh karena itu, Firmansyah mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana kegiatan, dan instansi-instansi yang berkaitan dengan acara kegiatan tersebut, serta kepada para muzakki Baznas Belitung. 

"Ke depan Baznas Kabupaten Belitung akan memperbaiki kegiatan tersebut, jika pelaksanan sunatan massal tahun ini banyak kekurangan dan belum banyak membantuk masyarakat lain," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: