2 Desa di Beltim Laksanakan Pilkades 2023, Baru 3 Balon Kades Sampaikan Berkas Persyaratan

2 Desa di Beltim Laksanakan Pilkades 2023,  Baru 3 Balon Kades Sampaikan Berkas Persyaratan

Panitia Pilkades 2023 di Desa Kurnia Jaya Kecamatan Manggar saat menerima berkas persyaratan pendaftaran balon Kades-Ist-

MANGGAR, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Dua desa di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) saat ini tengah melaksanakan tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang III tahun 2023.

Kedua desa yang melaksanakan proses pendaftaran bakal calon (Balon) kepala desa (Kades) adalah Desa Mentawak Kecamatan Kelapa Kampit dan Desa Kurnia Jaya Kecamatan Manggar.

Hingga saat ini proses pendaftaran balon Kepala Desa tengah berlangsung. Dari belasan balon yang sudah mendaftar, baru tiga orang yang menyampaikan berkas persyaratan calon.

Di Desa Mentawak hingga Selasa, (31/1/23) dua orang balon Kades yang sudah menyampaikan berkas persyaratan calon. Sedangkan di Desa Kurnia Jaya Manggar baru satu orang.

BACA JUGA:Konsumsi Ganja Sintetis, 4 Pemuda Tanjungpandan Digerebek Satres Narkoba Polres Belitung

BACA JUGA:Curi Laptop dan HP, Dua Remaja Tanjungpandan Ditangkap Polisi

Proses pendaftaran balon Kades sudah dimulai sejak 23 Januari 2023 hingga 2 Februari 2023. Selanjutnya berkas yang sudah masuk akan diverifikasi hingga tanggal 2 Maret 2023.

Demikian disampaikan kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Beltim Ronny Setiawan melalui Sekretaris Dinas Melta Indah Nurhayati.

“Kalau jumlah yang mendaftar masih belum fix, karena pendaftaran masih dibuka hingga 2 Februari besok. Karena masih berproses, kemungkinan akan lebih dari tadi bahkan lebih dari 5 di tiap desa,” ungkap Melta dilansir dari rilis Diskominfo Beltim.

Ia menjelaskan, meski jumlah balon Kades nantinya melebihi batas maksimal 5 kandidat, namun panitia tetap akan menerima berkas pendaftaran.

BACA JUGA:Pertama di Belitung, Resto & Cafe The Edge Belitung Island Sajikan Menu Khas Dunia

BACA JUGA:WBP Lapas Tanjungpandan Dapat Pelatihan Kerja, Bekal Keterampilan Setelah Bebas

“Jika nanti balon yang sudah lulus verifikasi lebih dari 5 orang maka kita akan melaksanakan seleksi tambahan. Yakni Ujian Akademis, pengalaman bekerja di pemerintahan, tingkat pendidikan dan usia. Ujiannya tanggal 9 Maret mendatang,” jelasnya.

Diakui Melta meski yang menyampaikan berkas masih sedikit namun Alumni IPDN ini optimis peminat Kades tinggi. Mengingat minat masyarakat untuk ikut mengabdikan diri menjadi kepala desa kian meningkat dari waktu ke waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: