Harga Ayam Potong di Tanjungpandan Anjlok, Terjun Bebas Rp 15 Ribu Per Kg

Harga Ayam Potong di Tanjungpandan Anjlok, Terjun Bebas Rp 15 Ribu Per Kg

Kandang ayam milik Robert, salah salah peternak di Tanjungpandan Belitung-Ist-

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Harga ayam potong di tingkat peternak di Tanjungpandan, Belitung, anjlok. Kini harga terjun bebas dari sebelumnya Rp 26 ribu menjadi Rp 15 ribu per Kg.

"Untuk harga jual ayam broiler atau ayam potong di kandang turun drastis dari harga Rp 26 ribu menjadi Rp 15 ribu per Kg," kata Robert selaku Mitra PT Pokpan kepada Belitong Ekspres, Minggu (5/2/2023).

Menurut Robert, salah satu faktor yang penyebabnya karena saat ini sedang panen raya di tingkat para peternak mandiri. Sehingga itu mempengaruhi harga jual ayam potong tersebut

"Kalau kita ada broker yang ambil, sekarang posisinya lagi panen raya. Jadi harga ayam di kandang anjlok. Sebelumnya kita jual Rp 26 ribu kini Rp 15 ribu per Kg," ujarnya lagi.

BACA JUGA:Peringati 1 Abad NU, PCNU Belitung Ziarah Ke Gunung Tajam

BACA JUGA:Pria Beristri di Buluh Tumbang Nekat Gantung Diri Diduga Karena Penyakit?

Dikatakannya, hal tersebut tentu saja sangat berdampak kepada para mitra dan juga kepada para peternak mandiri. "Tentu rugilah bang, apa lagi di tingkat petani atau peternak ayam mandiri," ungkapnya.

Oleh sebab itu, Robert berharap agar Pemerintah Daerah (Pemda) Belitung dapat menstabilkan harga. Dengan begitu, para peternak tidak dirugikan atau diberatkan.

Lebih lanjut dikatakan Robert, saat ini dirinya mempunyai dua kandang. Di mana satu kandang bisa menampung seribu ekor ayam. Kondisi tersebut juga belum bisa menguntungkan.

"Dua kandang kurang lebih ada dua ribu ekor ayam. Sekitar 2 bulan lalu bahkan sempat merugi karena banyak ayam yang mati. Belum lagi harga pakan ternak yang cukup tinggi," sebutnya.

BACA JUGA: 2 Pemuda 3 Kali Bobol Rumah Guru di Tanjungpandan, Hasil Curian untuk Makan

BACA JUGA:Banyak Kaum Muda Alergi Partai Politik, Adi Prayitno Ungkap Penyebabnya

Ia menyarankan kepada para peternak ayam pemula agar memperhatikan fasilitas dan prosedur untuk dikandung seperti listrik, pakan dan lainnya.

"Intinya harga ayam potong turun, karena pada saat ini semuanya sedang panen raya, sehingga mempengaruhi harga jual di pasaran," tutup Robert.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: