Ketua POSSI Bangka Belitung Petakan Potensi Bawah Laut di Belitung Timur

Ketua POSSI Bangka Belitung Petakan Potensi Bawah Laut di Belitung Timur

potensi bawah laut di Pulau Buku Limau, Kecamatan Manggar, Belitung Timur-Ist-

MANGGAR, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Ketua POSSI Provinsi Bangka Belitung (Babel) Mas Agus Muhammad Fahmi Fauzi, melakukan pemetaan potensi bawah laut di Belitung Timur (Beltim).

Pemetaan potensi site diving dilakukan bersama Pengurus POSSI Kabupaten Belitung Timur dan Basarnas, dengan penyelaman di Pulau Buku Limau dan Pulau Siadong, Kecamatan Manggar.

"Kegiatan penyelaman mengingat perairan Belitung Timur ini memiliki potensi baik itu untuk pariwisata dan olahraga selam," kata Ketua POSSI Babel Mas Agus dalam rilis yang diterima Belitong Ekspres, baru-baru ini.

Mas Agus menjelaskan, penyelaman guna observasi untuk melihat kondisi terumbu karang yang ada di perairan Belitung Timur sebagai fish shelter alami.

BACA JUGA:Pemkab Belitung akan Remajakan 125 Hektar Kebun Lada, Tahun Ini Tidak Ada Perluasan

Nantinya itu akan digunakan untuk kegiatan wisata Diving baik itu Try Scuba Diving atau Fun Dive dan untuk kejuaraan Olah Raga Air dibawah naungan POSSI.

"Penyelaman gabungan ini untuk melihat potensi perairan Belitung Timur sebagai spot olahraga air di bawah naungan POSSI. Seperti Lomba Selam Finswimming dan Orientasi Bawah Air (OBA)," jelasnya.

Menurut Mas Agus, selain di laut kegiatan ini bisa juga diadakan di Kolong Minyak Manggar.  Sebab, dia juga melihat ada potensi untuk event olahraga air yang bisa dilaksanakan POSSI Babel dan Belitung Timur. 

Dalam penyelaman kali ini, pihaknya banyak sekali menemukan Karang-karang yang indah di Pulau Buku Limau dan Pulau Siadong Kecamatan Manggar.

BACA JUGA:Didemo Masyarakat, Lurah Paal Satu Bersedia Cabut SKT yang Terbit di Atas Lapangan Bola

Tak hanya itu, mereka juga menemukan hamparan Karang mati yang diduga akibat dari penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan di wilayah perairan laut setempat.

Harapan mereka untuk rencana melaksanakan Kejuaraan Olahraga Air dapat didukung oleh pemerintah daerah dan seluruh stakeholder di Babel. Sebab, luas wilayah Provinsi Babel +/-70% merupakan perairan.

"Oleh karena itu, sangat disayangkan apabila kita tidak dapat memanfaatkan dan memaksimalkan potensi perairan dan bawah laut di Provinsi Bangka Belitung yang kita cintai ini," tandas Mas Agus.

Sementara itu, Fernandus Nadapdap selaku Instruktur selam di Belitung Timur mengucapkan terima kasih kepada Ketua POSSI Babel yang telah turut serta mengembangkan pariwisata bawah air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: