Elnusa Petrofin Raih Indonesia Best Companies in HSE Implementation 2023, Komitmen Terapkan K3

Elnusa Petrofin Raih Indonesia Best Companies in HSE Implementation 2023, Komitmen Terapkan K3

Elnusa Petrofin Raih Indonesia Best Companies in HSE Implementation 2023 dari SWA Group-Ist-

"Penerapan K3 dapat menjadi rujukan dan inspirasi bagi perusahaan lain untuk menjalankan program K3 secara lebih baik,” jelas Kemal E. Gani. 

Selain itu, tujuan penghargaan ini adalah mendorong perusahaan menjalankan program perlindungan karyawan lebih dari sekadar menaati regulasi yang ada (beyond compliance). Sehingga terbuka ruang untuk berinovasi, termasuk memanfaatkan teknologi digital. 

“Lebih dari itu, kami mendorong terwujudnya budaya K3, sehingga karyawan semakin nyaman dalam bekerja, merasa puas dan bahagia (well-being),” terang Kemal Gani.

Di ajang ini, SWA menghadirkan sejumlah pakar independen dan Praktisi SMK3 sebagai Dewan Juri. Antara lain Dr. Ir. Arief Safari, MBA (Anggota Komisi Penelitian dan Pengembangan BPKN 2020-2023 yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Sucofindo (Persero).

Kemudian Dr. Eng. Agus Setyawan, SSi., MSi. (Wakil Direktur Akademik Universitas Diponegoro); Winardo Mardanus (ahli K3, Direktur Utama PT Garda Integra Solusindo); Dr. Ir. Rudiyanto, Dip. ISM, MIIRSM, MBA (Direktur Utama PT Biro Klasifikasi Indonesia); dan Prof. Dra. Fatma Lestari, MSi., Ph.D (Kepala Disaster Risk Reduction Center Universitas Indonesia). 

Penilaian dalam penghargaan ini menitikberatkan pada implementasi Mitigating Risk, Improving Productivity dan Creating Sustainable Employability ditiap perusahaan yang menjadi peserta, dengan meliputi 7 aspek: kepemimpinan, strategi, pemangku kepentingan, pekerja, operasi, hasil, dan pengukuran. 

Berdasarkan penilaian terhadap 7 aspek tersebut, akhirnya pleno dewan juri menetapkan siapa saja perusahaan yang meraih predikat Excellent (skor ≥90), Very Good (skor 80 - <90), dan Good (skor 70 - <80). 

BACA JUGA: Elnusa Petrofin Gulirkan Program CSR Budidaya Maggot BSF, Solusi Penanganan Sampah Organik

Yang dipilih sebagai champion (baik Excellent maupun Very Good) adalah perusahaan yang sudah memiliki sertifikasi yang terkait dengan implementasi K3 (ISO 45001/SMK3 dari Kementerian Ketenagakerjaan).

Beberapa perusahaan yang juga turut menerima penghargaan ini diiantaranya adalah PT Badak NGL, PT Elnusa Petrofin, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk, Project RDMP RU VI Balongan Phase 1 – PT Kilang Pertamina Internasional, PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: