Studi Tiru, Pemprov Kepri Sarankan Pemkab Beltim Berikan Kemudahan Investor Tanam Modal

Studi Tiru, Pemprov Kepri Sarankan Pemkab Beltim Berikan Kemudahan Investor Tanam Modal

Foto bersama usai peninjauan pelabuhan swasta di Kota Batam Kepulauan Riau-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Pemkab Beltim) berikan kemudahan bagi investor.

Dalam hal ini bagi investor yang berminat untuk menanamkan modalnya di sektor transportasi atau perhubungan di Kabupaten Beltim.

Hal itu disampaikan mengingat para pengusaha sangat menghargai pemerintah yang memberikan kemudahan berivestasi di daerah.

Saran itu disampaikan oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Provinsi Kepri Luki Zaiman Prawira saat menerima rombongan Kunjungan Studi Tiru Pemkab Beltim di Kantor Gubernur Kepulauan Riau, akhir pekan lalu.

Rombongan yang dipimpin oleh Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar ini bertujuan untuk belajar tentang pendalaman alur dan pelabuhan di Kepulauan Riau.

BACA JUGA:182 Atlet Catur se-Babel Ikuti Kejuaraan Terbuka DPC PDI Perjuangan Beltim

“Tentunya kalau ingin mempergunakan pihak ketiga perlu rangsangan atau pemaksimalan fungi-fungsi pelayanan yang ada di pemerintah daerah. Dengan memberikan pelayanan perizinan yang cepat, mudah dan aktif,” kata Luki.

Luki pun bahkan menyarankan agar Pemkab Beltim lebih aktif lagi mencari investor untuk pembangunan pelabuhan atau juga melakukan pendalaman alur untuk kelancaran aktivitas pelabuhan, perikanan dan juga transportasi.  

“Kalau perlu jemput bola dengan menawarkan ke pihak lain supaya ada  minat untuk berinvestasi dalam kegiatan tersebut. Namun kebijakannya tetap kembali ke pihak Kabupaten Beltim langkah mana yang akan diambil, bisa melalui APBN, APBD maupun pihak ke tiga atau swasta,” ujar Luki.

Pemprov Kepulauan Riau memiliki 408 pelabuhan yang tersebar di berbagai Kabupaten/ Kota di Provinsi Kepri. Pembangunan Pelabuhan tersebut ada yang dibiayai APBD, APBN, dan swasta.

Saat kegiatan Studi Tiru Pemprov Kepri membagikan berbagai metode dan teknis untuk pembangunan dan pengelolaan pembangunan. Pemkab Beltim pun dipersilahkan untuk melihat langsung beberapa pelabuhan yang dikelola oleh Pemprov Kepri.

BACA JUGA:Bupati Beltim Menyambut Baik Pembukaan Program Studi Kedokteran UBB, Ini Harapannya

Sementara itu Wakil Bupati Beltim Kharil Anwar menyatakan kunjungan ke Provinsi Kepualuan dalam rangka mencari informasi terkait pendalaman alur dan pembangunan pelabuhan yang telah laksanakan di Provinsi Kepri.

Hal ini merupakan antisipasi sekiranya rencana pembangunan pelabuhan oleh Kementerian Perhubungan di Kabupaten Beltim tak berjalan maksimal.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo beltim