Formasi Terbatas, Persaingan Seleksi CPNS 2023 Bakal Ketat!

Formasi Terbatas, Persaingan Seleksi CPNS 2023 Bakal Ketat!

Ilustrasi seleksi CPNS--Jawapos.com

Sejumlah instansi pemerintah sudah tergolong sukses melakukan transformasi digital. Target tersebut sudah tentu harus didukung oleh sosok-sosok CPNS andal di bidang digital.

BACA JUGA:Kasus Mafia Tanah Terbongkar, Dari ASN, Kades, Hingga Mantan Kades Terlibat

Talenta Digital Dibutuhkan 

MenPAN-RB Azwar Anas memastikan seleksi CPNS 2023 juga membuka kesempatan bagi pelamar umum.

“Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan,” ujar Anas di Jakarta.

Ditegaskan, pemerintah memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Formasi juga akan dibuka untuk hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya,” kata mantan bupati Banyuwangi dua periode ini.

Menteri Anas menyebutkan empat arah kebijakan seleksi CPNS 2023 dan seleksi PPPK. Pertama, fokus pelayanan dasar. Kedua, yakni kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital.

Ketiga, merekrut CASN secara selektif. Keempat, mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

BACA JUGA:Karena Uang? Pelajar SMA Jadi Pembunuh Berdarah Dingin, Tetap Sekolah Seperti Biasa

Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) KemenPAN-RB Alex Denni pada Rapat Koordinasi Pengadaan ASN TA 2023 yang digelar 30 November 2022 juga sudah menyatakan bahwa rekrutmen CPNS 2023 akan dilakukan dengan sangat selektif.

Untuk seleksi CASN jenis Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK 2023, pemerintah masih akan fokus kepada penyelesaian masalah non-ASN atau honorer.

Terkait formasi CPNS, Alex Deni menyebut talenta digital dan data scientist. Nah, apa yang dimaksud data scientist?

Dikutip dari situs resmi Universitas Multimedia Nusantara (UMN), dijelaskan bahwa Data Science tidaklah jauh dari pelajaran statistic.

Statistik merupakan kumpulan data yang bisa memberikan gambaran tentang suatu keadaan atau masalah tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com