Formasi Terbatas, Persaingan Seleksi CPNS 2023 Bakal Ketat!

Formasi Terbatas, Persaingan Seleksi CPNS 2023 Bakal Ketat!

Ilustrasi seleksi CPNS--Jawapos.com

JAKARTA, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Terbatasnya formasi yang disediakan dipastikan bakal membuat persaingan seleksi CPNS 2023 berlangsung ketat.

Formasi terbatas sesuai dengan arah kebijakan pemerintah dalam pengadaan ASN Tahun 2023. Karena itu seleksi CPNS 2023 akan dilakukan sangat selektif.

Kebijakan itu sesuai target mengurangi jumlah PNS dan menambah jumlah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Data kebijakan tersebut seperti dikutip dari Buku Statistik PNS Desember 2021 yang diterbitkan Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN.

Adapun jumlah PNS mengalami penurunan 4,1 persen dibandingkan dengan jumlah PNS pada 31 Desember 2020.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 Sejumlah Profesi Segera Dibuka

“Penurunan jumlah PNS tersebut disebabkan oleh jumlah PNS yang pensiun setiap tahunnya lebih banyak dibandingkan dengan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diselenggarakan dalam tahun tersebut,” demikian dikutip dari Buku Statistik PNS Desember 2021 di situs resmi BKN.

Penurunan jumlah PNS ini seiring dengan kebijakan yang diadopsi oleh Pemerintah Indonesia, sebagaimana yang telah diterapkan di beberapa negara maju.

Yaitu komposisi antara civil servant atau pembuat kebijakan (PNS) yang lebih sedikit, sementara jumlah government worker/public services (PPPK) lebih banyak.

Makanya, seleksi CPNS 2023 diperkirakan bakal ketat karena formasi terbatas, antara lain bidang intelijen. Jumlah PNS susut, PPPK bertambah.

BACA JUGA:Kabar Gembira Rekrutmen CPNS dan PPPK 2023, Peluang Besar Tenaga Teknis

Langkah ini diambil untuk memodernisasi birokrasi secara cepat. Di samping itu, sampai dengan tahun 2023, pemerintah akan menata kembali kebutuhan jenis pekerjaan ASN di berbagai lini di semua instansi.

Itu juga sehubungan dengan transformasi digital yang sedang berlangsung menuju implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sepenuhnya.

Dalam kalimat dalam dokumen BKN juga menunjukkan arah kebijakan pengadaan CPNS 2023, yang dikaitkan dengan semangat pemerintah menciptakan birokrasi yang modern. Antara lain ditandai dengan inovasi-inovasi layanan berbasis digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com