2022, DPKD Belitung Raih Banyak Penghargaan, Dari Tingkat Kabupaten Hingga Nasional

2022, DPKD Belitung Raih Banyak Penghargaan, Dari Tingkat Kabupaten Hingga Nasional

Kepala DPKD Kabupaten Belitung Paryanta--

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPKD) Kabupaten Belitung banyak meraih penghargaan selama tahun 2022.

Beberapa penghargaan yang diraih oleh DPKD Kabupaten Belitung mulai tingkat kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional pada tahun 2022.

Kepala DPKD Kabupaten Belitung Paryanta, mengatakan, di antaranya piagam penghargaan atas terimplementasinya aplikasi sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi (SRIKANDI) bagi Pemerintahan Daerah di Wilayah II (Sumatera dan Jawa).

Penghargaan aplikasi SRIKANDI diberikan Arsip Nasional Republik Indonesia dengan nomor PK.02.05/60/2022, tanggal 23 Desember 2022.

"Piagam itu diberikan karena Kabupaten Belitung berhasil melakukan percepatan penggunaan aplikasi SRIKANDI, sehingga saat ini sistem persuratan dan pengelolaan kearsipan di Kabupaten Belitung sudah menggunakan sistem digitalisasi," ujar Paryanta kepada Belitong Ekspres.

BACA JUGA:Jelang Ramadan, Baznas Belitung Salurkan Bantuan Kepada 130 Mustahik

Meskipun mendapat penghargaan, saat ini ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum menggunakan aplikasi tersebut. Itu karena keterbatasan sumber daya manusia (SDM) dan kendala teknis.

"Dengan menggunakan aplikasi ini pimpinan OPD bahkan termasuk bapak Bupati, Wabup maupun Sekda dapat menandatangani surat-surat resmi kapanpun dan di manapun (di luar daerah) secara online. Sehingga kalau ada surat yang harus ditandatangani tidak harus menunggu pimpinan hadir di kantor," jelasnya.

Selanjutnya, DPKD Belitung meraih penghargaan atas prestasi Inovasi Sirkulasi kolektor antar perpustakaan (Sikantan) sebagai Top 5 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), tahun 2022. 

"Penghargaan ini diberikan Pj Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaludin," sebut Paryanta.

Paryanta menambahkan, mereka juga meraih penghargaan sebagai Perangkat Daerah Dengan Kinerja Perencanaan Pembangunan Daerah Tahun 2022 dengan predikat Terbaik I. "Penghargaan ini diberikan dari Pemkab Kabupaten Belitung," pungkasnya.

BACA JUGA: Dinas Perpustakaan Beltim Selesaikan Penilaian Lomba Perpustakaan 2023

Maka dari itu, ia menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan baik dari tingkat Kabupaten, Provinsi hingga tingkat Nasional selama tahun 2022.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak dan semoga akan menjadi motivasi bagi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dalam meningkatkan integritas dan pelayanan publik ke depan,” tukas Paryanta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: