Hilal Tidak Terpantau di Belitung, Hari Ini Mulai Puasa Ramadan

Hilal Tidak Terpantau di Belitung, Hari Ini Mulai Puasa Ramadan

Tim dari Kantor Kemenag Belitung saat memantau hilal di Pantai Tanjungpendam, Rabu (22/3/2023) sore--

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Hilal awal bulan suci Ramadan 1444 Hijriah atau 2023 tidak terlihat di Kabupaten Belitung.

Hal itu terpantau saat Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung, melakukan pantauan di Pantai Tanjungpendam, Rabu (22/3) sore.

Dalam pemantauan tersebut, Tim Pemantau Hilal Kemenag Kabupaten Belitung, menggunakan berbagai alat. Seperti teropong teleskop dan juga alat teodolite.

Kepala Kemenag Kabupaten Belitung Masdar Nawawi mengatakan, untuk pantauan di Belitung tidak terlihat. Hal itu dikarenakan ketebalan awan di atas Negeri Laskar Pelangi cukup tebal.

"Selain itu juga faktor cuaca. Sehingga hilal tidak terlihat di Belitung hingga pukul 18.00 WIB," ujar H Masdar Nawawi kepada wartawan di Pantai Tanjungpendam.

BACA JUGA:2022, DPKD Belitung Raih Banyak Penghargaan, Dari Tingkat Kabupaten Hingga Nasional

BACA JUGA:Jelang Ramadan, Baznas Belitung Salurkan Bantuan Kepada 130 Mustahik

Meski di Belitung hilal tidak terlihat, namun pelaksanaan Puasa Ramadan tetap dilaksanakan Kamis (23/3) hari ini. Pasalnya, ada beberapa daerah yang melihat hilal.

"Di daerah lain sudah ada yang melihat hilal dengan ketinggian di atas dia derajat dan tiga derajat. Dan habis magrib akan diumumkan oleh Menteri Agama," jelasnya.

Dia menyayangkan hilal tidak terlihat di Belitung. Rencananya tahun depan Kemenag Kabupaten Belitung akan memindahkan lokasi tempat pantauan hilal.

"Setelah ini kita akan melakukan evaluasi. Sebab sejak tahun 2019 hilal tidak terlihat di Belitung," kata Masdar Nawawi.

"Meski begitu, hasil pantauan di Kabupaten Belitung akan kita sampaikan kepada menteri agama," pungkasnya. (kin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: