Lewat Alat Pakan Otomatis, Tim SMAN 1 Manggar Juara Kompetisi TTG Beltim 2023

Lewat Alat Pakan Otomatis, Tim SMAN 1 Manggar Juara Kompetisi TTG Beltim 2023

Foto bersama Tim Teknologi Tepat Guna (TTG) bersama Kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin-Istimewa-

MANGGAR, BELITONGEKSPRES.CO.ID - SMAN 1 Manggar kembali mendulang prestasi yang membanggakan. Kali ini SMAN 1 Manggar menjuarai kompetensi Teknologi Tepat Guna (TTG) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Tahun 2023.

Lewat alat bertajuk 'Pakan Otomatis' sekolah dengan segudang prestasi tersebut berhasil menjadi juara pertama kompetensi TTG tingkat Kabupaten Beltim kategori pelajar dengan total nilai 73,69. 

Kompetensi TTG diselenggarakan oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Beltim, yang berlangsung secara offline dan diikuti oleh banyak peserta baik kategori pelajar ataupun umum. 

Perjalanan tim TTG SMAN 1 Manggar tidaklah mudah. Sekolah kebanggaan Kabupaten Beltim ini harus menempuh beberapa tahap sampai akhirnya dikukuhkan menjadi pemenang. 

Tim yang digawangi  Muhammad Rahfandi, Fasqy Nandika Alnputra, Shamirwan, Falah Al Juaza Baynah, Andreas Martua Gultom, dan Faras Ghilman Fahreza, harus melawati tahap perancangan, pembuatan alat, uji coba, dan presentasi hasil. 

BACA JUGA:Jadi Tempat Penelitian, Profesor Akita University Jepang Kagum dengan SMAN 1 Manggar

Semua tahap tersebut menurut ketua tim TTG, Rahfandi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.  ”Yah pastinya semua tahap dalam kompetisi ini tidaklah mudah untuk dilakukan. Setiap tahap dimulai perancangan, pembuatan alat, dan uji coba memiliki kesulitannya masing-masing," ucap Rahfandi, Minggu (2/4).

Hal tersebut juga diamini oleh anggota tim TTG, Shamirwan. Menurutnya dari semua tahap tersebut timnya mengalami kesulitan, namun yang paling sulit justru menemukan ide alat yang hendak dibuat. 

”Betul sekali yang disampaikan oleh Rahfa, namun yang paling sulit menurut saya justru adalah sebelum perancangan dilakukan," kata Shamirwan.

Tahapan itu adalah menemukan ide alat apa yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat Belitung Timur. Sebab, ini adalah start awal yang harus dilakukan dengan sangat baik. "Mengingat jika kami kurang teliti dalam melakukan observasi, tentu alat yang baik tidak bisa diciptakan," sebut Shamirwan. 

BACA JUGA:SMAN 1 Manggar Cetak Sejarah Baru, Kawinkan Gelar Juara Turnamen Futsal Bupati Cup 2023

Saat ditanya mengapa akhirnya membuat alat pakan otomatis, Rahfandi mengatakan bahwa semuanya berdasarkan observasi. Membuat alat pakan otomatis sebenarnya diambil berdasarkan hasil observasi yang dilakukan. 

"Jadi setelah kami mencoba untuk terjun ke masyarakat sebelumnya, mereka banyak yang kesulitan dalam membagi waktu antara pekerjaan utama dengan peternakan/budidaya yang dilakukan. Oleh sebab itu, muncul ide untuk membantu mereka  dengan membuat alat pemberi pakan otomatis," jelas Rahfandi. 

Kemenangan tim TTG SMAN 1 Manggar ini juga patut disyukuri. Hal ini disampaikan oleh salah satu anggota tim TTG lainnya, Fasqy Nandika Alnputra. Ia mengaku bersyukur atas kemenangan timnya di kompetisi ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sman 1 manggar