Jelang Lebaran, Jumlah Pemudik Melalui Pelabuhan Tanjung Ru Diprediksi Meningkat

Jelang Lebaran, Jumlah Pemudik Melalui Pelabuhan Tanjung Ru Diprediksi Meningkat

Kepala UPT Pengelolalan Prasarana Teknis Perhubungan Dishub Kabupaten Belitung, Gitono--

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Belitung memperkirakan jumlah pemudik di Pelabuhan Tanjung Ru menjelang lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah meningkat dibanding sebelumnya.

Kepala UPT Pengelolalan Prasarana Teknis Perhubungan Dishub  Kabupaten Belitung, Gitono mengatakan, peningkatan itu diperkirakan dari 300 penumpang menjadi 500 penumpang.

“Kami memprediksikan jumlah pemudik di Pelabuhan Tanjung Ru pada lebaran tahun ini meningkat sekitar 20 persen,” kata Gitono kepada Belitong Ekspres, Jumat (7/4/2023)

Menurut Gitono, peningkatakan itu terjadi karena pandemi Covid-19 yang melandai dan tidak adanya pembatasan bagi pelaku perjalanan pada musim mudik lebaran tahun 2023 ini.

BACA JUGA:Cek di Sini, Tarif Tiket Penumpang dan Kendaraan Kapal Pelabuhan Sadai - Tanjung Ru

BACA JUGA:Prostitusi di Hotel Pangkalpinang Terbongkar, Sekali Kencan Segini Tarifnya

Jumlah pemudik yang melintas di Pelabuhan Tanjung Ru tujuan pelabuhan Sadai di Bangka Selatan dan Pulau Sumatera pada lebaran tahun lalu mencapai 100 kendaraan dan 500 penumpang.

“Tahun ini kami prediksi naik menjadi 500 penumpang dan 100 kendaraan pribadi yang keluar dari Belitung,” bebernya.

Ia menjelaskan, arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah di pelabuhan Tanjung Ru akan dilayani tiga kapal milik ASDP yakni KMP Menumbing Raya, KMP Gorare, dan KMP Putri Leanpuri.

“Saat ini jadwal keberangkatan masih normal namun apabila ada jadwal pelayaran tambahan akan segera kami koordinasikan,” katanya.

Gitono menjelaskan, pergerakan pemudik di pelabuhan Tanjung Ru akan berlangsung pada H-7 lebaran.

“Pada H-7 para pemudik mulai meningkat dan puncaknya pada H-3 kemudian semakin mendekati lebaran jumlah penumpang dan kendaraan semakin berkurang,” katanya.

BACA JUGA:Antisipasi Penumpukan Kendaraan, Dishub Belitung Terapkan Zonasi di Pelabunan Tanjung Ru

BACA JUGA:3 Kapal Layani Arus Mudik ke Belitung, Berikut Rute dan Jadwalnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: