Konflik Sudan Memanas, 44 Mahasiswa Sumbagsel Dievakuasi ke Jeddah, Salah Satunya dari Babel

Konflik Sudan Memanas, 44 Mahasiswa Sumbagsel  Dievakuasi ke Jeddah, Salah Satunya dari Babel

44 mahasiswa asal Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) di bawah pengawalan TNI dievakuasi ke Jeddah, Arab Saudi-Ist-

BELITONGEKPRES.CO.ID - Sebanyak 44 mahasiswa asal Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) di bawah pengawalan TNI dievakuasi ke Jeddah, Arab Saudi. Evakuasi 44 mahasiswa Sumbagsel tersebut, buntut konflik di Sudan yang terus memanas.

Mereka masing-masing Babel (1), Palembang (3), Bengkulu (7), Jambi (1), Muara Enim (7), Pagar Alam (7), Lahat (3), Ogan Ilir (5), Musi Banyuasin (3), Banyuasin (1), Pali (1), Empat Lawang (2) semua dalam posisi aman dan rata-rata berada di Bandara Sudan menunggu diberangkatkan.

”Kalau di sini (di bandara.red) aman, Pak. Kan kami dikawal TNI Pak,” ujar Kusuma Sanata Dharma mahasiswa semester 5 asal Muara Enim Sumsel didampingi Gibran Ibastanta kepada Babel Pos, tadi malam (siang waktu Sudan).

Dikatakan, mereka yang terbanyak memang dari Sumsel, meski ada juga dari Bengkulu dan Jambi. Untuk mahasiswi rata-rata sudah diberangkatkan bahkan sudah ada yang diterbangkan ke Indonesia.

BACA JUGA:Astagfirullah, Kakak Kandung Tega Cabuli Adik Sendiri, Bahkan Sudah 5 Kali

Sementara itu, mahasiswa asal Babel, satu-satunya adalah Gibran Ibastanta, Mahasiswa Semester Akhir di Internasional University of Africa, Sudan. ”Kami memang dikawal TNI, Pak,” ujar Gibran.

Nomor kontak Gibran ini diperoleh Babel Pos dari Erzaldi Roesman. Karena sebelumnya, tahun 2020 diketahui ada 4 mahasiswa asal Babel yang menuntut ilmu ke Sudan dan pernah berhubungan dengan Gubernur Babel ketika itu, Erzaldi Roesman Djohan.

”Saya berangkat untuk kloter ke 2 Pak, sebelumnya kita sudah ada yang berangkat,” kata Gibran.

”Jadi disini ada 200-an orang lebih, kita 110 orang akan berangkat siang ini jadi disini tinggal 100 orang lebih dan staf-staf KBRI masih di sini,” lanjutnya 

Jadi, yang dari Babel masih ada berapa orang?

”Dari 4 orang itu tinggal 2 Pak, namun teman yang 1-nya sudah balik duluan sebelum perang atau pas bulan Puasa,” jelas Gibran.

Jadi, Gibran saat ini adalah satu-satunya mahasiswa asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang masih menempuh pendidikan di Sudan. Dia berasal dari Tempilang, Bangka Barat.

BACA JUGA:Lina Mukherjee Akhirnya Jadi Tersangka Konten Makan Babi Sambil Baca Bismillah

”Dulu kami ada 4 orang dari Babel, sekarang tinggal saya sendiri,” tegasnya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: babelpos.id