Kepala ANRI dan Dewan Pakar MKB 2023 Verifikasi Arsip Belitong Unesco Global Geopark

Kepala ANRI dan Dewan Pakar MKB 2023 Verifikasi Arsip Belitong Unesco Global Geopark

Kepala ANRI Imam Gunarto bersama Dewan Pakar MKB Tahun 2023 berkunjung ke Belitung-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto bersama Komite Dewan Pakar Memori Kolektif Bangsa (MKB) tahun 2023 berkunjung ke Belitung.

Kunjungan itu verifikasi lapangan arsip Belitong Unesco Global Geopark sebagai nominator memori kolektif bangsa tahun 2023, di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, Selasa (2/5/2023) 

"Saat ini ada verifikasi arsip Belitong Unesco Global Geopark oleh dewan pakar dan saya ikut berkunjung," kata Imam Gunarto kepada Belitong Ekspres.

Imam mengapresiasi, pengelolaan yang baik dilakukan oleh Pemkab Belitung, sehingga bisa diajukan memori kolektif bangsa. Sebab kalau tidak ada arsip itu tidak bisa diajukan.

"Jadi katua dewan pakar dan anggota sedang verifikasi arsip dan nanti diumumkan 23 Mei mendatang di Banyuwangi," kata Imam.

BACA JUGA:Liga 3 2023 akan Kembali Bergulir di Babel, Ini Jadwal Pelaksanaannya

BACA JUGA:Ternyata Ini Permasalahan Utama di Lingkungan Pendidikan Belitung, Terungkap di Momen Hardiknas 2023

Ia memaparkan, tahun ini ada 12 yang masuk nominasi MKB 2023 di seluruh Indonesia. Akan tetapi ada 4 hingga 5 yang gugur karena dokumentasi tidak lengkap.

"Jadi kita lihat juga Belitung ini, maka kita verifikasi ini arsipnya, jadi harus ada arsipnya, bisa fisik, digital dan lainnya intinya arsipnya lengkap, ada cerita yang signifikan dan otentik," terangnya.

Imam menambahkan, setelah melakukan verifikasi lapangan arsip Belitong Unesco Global Geopark tim dewan pakar akan melakukan sidang pleno.

Ia menyebutkan, dampak atau keuntungan menjadi MKB itu yakni arsip itu akan menjadi milik bangsa Indonesia, sehingga tidak hanya milik Belitung.

Selain penyelamatan arsip tersebut kata Imam, juga reservasi atau dipelihara terus menerus agar tidak rusak.

"Arsip itu akan didaftarkan di ANRI dan akan disebarkan dan disosialisasikan ke Seluruh Indonesia sehingga masyarakat tau Geopark Belitung," sebutnya.

BACA JUGA:Luar Biasa! Kepala SMAN 1 Manggar Sabarudin Raih 2 Penghargaan Sekaligus di Momen Hardiknas 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: