Kisah Sukses Alumni SMAN 1 Manggar, Nadhirah Raih Beasiswa di KAIST Interest in Mathematical Sciences

Kisah Sukses Alumni SMAN 1 Manggar, Nadhirah Raih Beasiswa di KAIST Interest in Mathematical Sciences

Kisah Alumni SMAN 1 Manggar Nadhirah meraih Beasiswa di KAIST Interest in Mathematical Sciences-Ist-

Program BIM Persiapan memastikan bahwa setelah mengikuti seluruh rangkaian program yang disiapkan, para peserta akan menjadi calon mahasiswa yang mampu bersaing dengan ribuan siswa internasional yang mendaftar ke 100 universitas terbaik di dunia.

Setelah program pembinaan selesai, mereka mulai mengirimkan aplikasi mereka ke universitas-universitas terbaik di luar negeri. Proses pengiriman berbagai dokumen, seperti transkrip, hasil tes, esai, penghargaan, dan resume, berlangsung sekitar bulan November 2022 hingga Februari 2023.

BACA JUGA:Perjuangan dan Kemenangan Tim SMAN 1 Manggar di Lomba Senam Bedincak Polres Beltim 2023

"Pada bulan Maret-Mei 2023, pengumuman hasil penerimaan pun diumumkan. Dari universitas-universitas tempat saya mendaftar, alhamdulillah saya diterima di 7 universitas ternama di dunia, salah satunya adalah Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dengan minat dalam Ilmu Matematika," ungkap Nadhirah.

"Setelah menerima Surat Penerimaan (LoA), saya juga melewati serangkaian seleksi berkas yang diadakan oleh BIM. Akhirnya, pada bulan Mei 2023, saya resmi menjadi Penerima Beasiswa BIM S1 Luar Negeri Angkatan 2 dengan pendanaan penuh di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST). Saat ini, saya sedang mempersiapkan dokumen untuk visa dan keberangkatan pada bulan Agustus mendatang," lanjut Nadhirah.

Diterimanya Nadhirah di berbagai universitas terbaik di luar negeri tentunya merupakan sebuah kebanggaan. Dia sangat bersyukur atas kesempatan untuk menempuh pendidikan S1 di luar negeri ini dan berharap agar lebih banyak lagi siswa dari Belitung, terutama dari SMAN 1 Manggar, mendapatkan kesempatan besar seperti ini.

"Saya juga berharap agar pemerintah daerah dan sekolah aktif dalam menyampaikan informasi tentang studi di luar negeri kepada para siswa agar anak-anak daerah juga bisa berprestasi di tingkat internasional," ujar Nadhirah.

"Bagi kalian yang memiliki impian untuk studi di luar negeri tetapi terkendala masalah biaya, mulailah mencari informasi tentang beasiswa yang tersedia untuk kuliah di luar negeri, salah satunya adalah Beasiswa Indonesia Maju," tambahnya.

BACA JUGA:SMAN 1 Manggar Sabet Juara Umum FLS2N 2023 Beltim Usai Borong Puluhan Medali

Sementara itu Kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin, tak henti-hentinya mengungkapkan kebanggaannya terhadap Nadhirah. Baginya, Nadhirah adalah sumber kebanggaan bukan hanya bagi SMAN 1 Manggar, tetapi juga bagi kabupaten, provinsi, dan Indonesia secara keseluruhan.

"Dengan ini, saya ingin mengucapkan selamat kepada Nadhirah atas prestasinya sebagai penerima Beasiswa Indonesia Maju (BIM) S1 Luar Negeri angkatan 2, yang akan melanjutkan kuliahnya di Korea Selatan pada bulan Agustus mendatang. Saya sungguh-sungguh bangga, karena tidaklah mudah bagi seseorang untuk memperoleh beasiswa penuh di luar negeri, namun Nadhirah berhasil meraihnya," ujar Sabarudin.

"Nadhirah adalah sosok yang sangat membanggakan, bukan hanya bagi orang tuanya dan sekolah, tetapi juga bagi Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan Indonesia secara keseluruhan," tambahnya.

"Semoga kedepannya, Nadhirah sukses menyelesaikan kuliahnya dengan lancar dan menjadi duta dalam memperkenalkan sosial budaya Indonesia, Bangka Belitung, Belitung Timur, dan SMAN 1 Manggar di luar negeri. Serta, semoga semakin banyak siswa-siswi SMAN 1 Manggar yang dapat melanjutkan kuliah dan menggapai impian mereka di luar negeri. Keutuhan dan kesungguhan adalah kunci dalam meraih kualitas," pungkas Sabarudin. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: