Bangka Tengah Dorong Pelaku UMKM Kembangkan Teh Daun Pelawan

Bangka Tengah Dorong Pelaku UMKM Kembangkan Teh Daun Pelawan

Daun Pelawan--Antara

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan produk kreatif teh menggunakan daun pohon pelawan.

Ali Imron, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Bangka Tengah, menyatakan bahwa produk teh daun pelawan telah mulai dikembangkan secara mandiri oleh para pelaku UMKM di Desa Namang.

Menurut Ali, daun pelawan memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, sehingga beberapa pelaku usaha kreatif di Desa Namang telah mencoba membuat minuman teh menggunakan daun tersebut.

"Oleh karena itu, pemerintah daerah berupaya mendorong dan membina para pelaku UMKM yang khusus memproduksi teh pelawan agar produk tersebut memiliki nilai ekonomis yang tinggi," kata Ali dilansir dari Antara, Senin (10/7/2023).

Ali mengungkapkan bahwa pengembangan produk teh pelawan ini membutuhkan banyak hal, terutama dalam hal kesehatan, izin produksi, dan pangsa pasar di masa depan.

BACA JUGA:Raih Penghargaan, LPPD Pemkab Belitung Timur Terbaik se-Bangka Belitung

BACA JUGA:Bangka Tengah Peringkat 1 Kinerja Dana Desa Terbaik Lingkup Pemprov Babel

Sementara itu, Elshinta Sugianto selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bangka Tengah, mendukung upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan produk teh pelawan.

Mereka bahkan telah mengadakan pelatihan pembuatan teh menggunakan daun pelawan di Desa Namang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menyediakan minuman sehat bagi keluarga, serta sebagai upaya pemberdayaan usaha mandiri untuk meningkatkan penghasilan keluarga.

Kiki Listari, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kecamatan Namang, menjelaskan bahwa teh daun pelawan ini cukup diminati oleh masyarakat karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Ia juga menyebutkan berbagai manfaat dari teh pelawan, seperti pengobatan sakit maag, penurunan kolesterol, peningkatan kinerja jantung dan paru-paru, penyembuhan stroke, peningkatan daya tahan otak, serta sifat anti kanker, anti tumor, anti bakteri, dan anti virus.
BACA JUGA:Pemkab Belitung Timur MoU dengan Bulog, Beli Beras Petani untuk Dijual ke Para Pegawai

BACA JUGA:Rasakan 5 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Tubuh

Kiki Listari juga menekankan bahwa bahan baku teh pelawan sangat mudah didapatkan karena Desa Namang merupakan pengawet pohon kayu pelawan.

"Selain itu, Hutan Pelawan di Namang telah menjadi destinasi wisata unggulan yang dikenal oleh wisatawan lokal maupun luar daerah," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: