Siswa SMAN 1 Manggar Wakili Bangka Belitung Dalam Fotografi FELSI 2023

Siswa SMAN 1 Manggar Wakili Bangka Belitung Dalam Fotografi FELSI 2023

Farell Caleb Triana dan Kepala SMAN 1 Manggar Sabarudin-Ist-

 

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Siswa SMAN 1 Manggar kembali meraih prestasi yang membanggakan sekolah. Kali ini, prestasi tersebut datang dari bidang fotografi.

Farell Caleb Triana, siswa kelas XII SMAN 1 Manggar, Belitung Timur berhasil meraih posisi 25 besar secara nasional dalam Festival Literasi Siswa Indonesia (FELSI) tahun 2023.

Ia akan menjadi perwakilan dari Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada tingkat nasional yang akan diadakan pada tanggal 21-26 Agustus mendatang.

FELSI merupakan platform pengembangan bakat di bidang Seni, Bahasa, dan Literasi. Adapun FELSI diarahkan sebagai bagian dari proses pembentukan karakter.

Lebih dari sekadar meningkatkan kemampuan literasi, peserta juga dilatih untuk memiliki sensitivitas emosional dan apresiasi estetika guna memperkuat rasa percaya diri melalui ekspresi seni.

BACA JUGA:Alumni SMAN 1 Manggar, Indra Ramadhan Catatkan Sejarah Prestasi di Olimpiade Astronomi Internasional 2023

Media literasi menjadi wadah bagi kaum muda untuk menuangkan intuisi, estetika, serta mengembangkan gagasan dan imajinasi estetis dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika.

FELSI menjadi panggung bagi siswa SMA, MA, dan SMK untuk mengasah kreativitas mereka, menghasilkan ide-ide cemerlang, karya berkualitas, dan pencapaian prestasi yang luar biasa.

Tahun ini, FELSI diintegrasikan ke dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Namun, seperti tahun-tahun sebelumnya, FELSI pada tingkat SMA/MA/SMK tahun 2023 mengadakan tiga jenis lomba, yakni Jurnalistik, Fotografi, dan Cipta Cerita Pendek (Cerpen).

Pemilihan ketiga jenis lomba ini didasarkan pada pentingnya memperkuat perkembangan gagasan dan imajinasi siswa menjadi karya kreatif yang bermanfaat. Siswa didorong untuk berpikir kritis, meningkatkan rasa tanggung jawab sosial, dan cinta terhadap tanah air.

BACA JUGA:SMA Muhammadiyah Toboali Belajar Pengembangan Literasi dan Digitalisasi di SMAN 1 Manggar

Melalui ketiga kategori lomba tersebut, siswa tidak hanya menawarkan gagasan, tetapi juga belajar mencari solusi untuk masalah-masalah sosial.

Keberhasilan Farell dalam membawa nama SMAN 1 Manggar untuk berkompetisi di tingkat nasional bukanlah hal yang mudah. Ia mengakui harus melakukan perjalanan ke berbagai tempat untuk mencari objek foto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sman 1 manggar