Penting Sebelum Ajukan Pinjaman, Pahami Dulu Apa Itu BI Checking Berikut Skor

Penting Sebelum Ajukan Pinjaman, Pahami Dulu Apa Itu BI Checking Berikut Skor

Ilustrasi BI Checking atau SLIK OJK--

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Bagi Anda yang berencana mengajukan pinjaman atau kredit ke bank atau lembaga keuangan, penting untuk memahami cara cek BI Checking.

Bagi pengguna yang familiar dengan pengajuan pinjaman, istilah BI Checking atau SLIK OJK mungkin sudah tidak asing lagi.

Namun, untuk pemohon baru yang ingin mengajukan pinjaman atau kredit ke bank, mungkin belum paham bagaimana cara melakukan pemeriksaan BI Checking.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara komprehensif langkah-langkah dalam melakukan pemeriksaan BI Checking. Bagaimana caranya?

BACA JUGA:Tercatat di SLIK OJK, Nunggak Paylater Bisa Bikin Sulit Cari Kerja

Proses pemeriksaan BI Checking sebenarnya cukup sederhana. Saat ini, pengguna dapat melakukannya secara online. Jika Anda tertarik untuk melakukan pemeriksaan BI Checking secara online, silakan simak artikel ini hingga selesai.

Apa itu BI Checking atau SLIK OJK

Sebelum Anda melakukan pemeriksaan BI Checking secara online, penting untuk memahami dengan baik apa itu BI Checking dan perannya.

BI Checking adalah sebuah layanan yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi mengenai riwayat kredit atau pinjaman dari peminjam yang diawasi oleh lembaga pengawas jasa keuangan. Awalnya, layanan ini dipegang oleh Bank Indonesia (BI), namun kini telah dialihkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Karena alih fungsi ini ke OJK, informasi mengenai riwayat kredit peminjam sekarang tercatat dalam database yang disebut IDeb (Informasi Debitur) dalam SLIK OJK. Dengan demikian, BI Checking kini dikenal sebagai SLIK OJK.

BACA JUGA:Realisasi Penyaluran KUR di Bangka Belitung Hingga Juli 2023 Capai Rp677,92 Miliar, Ini Rinciannya

Melalui IDeb SLIK OJK, informasi mengenai riwayat kredit peminjam akan dibagikan kepada bank atau lembaga keuangan lain yang menjadi penyedia layanan pinjaman.

Fungsi dari BI Checking atau SLIK OJK adalah untuk membantu peminjam ketika mereka ingin mengajukan pinjaman kepada penyedia layanan pinjaman.

Sebelum memberikan berbagai jenis pinjaman atau kredit, lembaga keuangan atau bank biasanya akan melihat informasi mengenai riwayat kredit peminjam yang tercatat dalam BI Checking atau SLIK OJK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: