Tips Keamanan Bepergian, 6 Cara Mencegah Kehilangan Laptop di Era Digital

Tips Keamanan Bepergian, 6 Cara Mencegah Kehilangan Laptop di Era Digital

Ilustrasi Laptop--berkuliah.com

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Kehilangan barang berharga, seperti laptop, tentulah merupakan situasi yang tidak diharapkan oleh pemiliknya. Namun, takdir bisa saja membawa peristiwa tragis ini pada saat yang tidak terduga.

Laptop adalah sebuah perangkat yang memiliki peran krusial dalam mendukung aktivitas digital di era globalisasi saat ini. Di dalamnya, tersimpan berbagai data pribadi dan informasi pekerjaan yang sangat penting.

Berikut adalah beberapa saran dan tips keamanan di era digital untuk mencegah kehilangan laptop saat Anda sedang bepergian, sebagaimana dilansir oleh PC World:

1. Gunakan Kunci Fisik

Selalu kunci laptop Anda dengan menggunakan kunci fisik pada tas atau sleeve laptop saat Anda meninggalkannya tanpa pengawasan.

BACA JUGA:Axioo Pongo 960 dan Pongo 760, Laptop Cocok Untuk Streaming Bikin Kantong Gak Kering

BACA JUGA:4 Tips Cara Memilih Laptop yang Tepat untuk Kebutuhan Mahasiswa

2. Laptop Sleeve

Bawa laptop dalam tas atau sleeve khusus agar tidak menarik perhatian secara berlebihan. Selain itu, sleeve laptop juga dapat melindungi permukaannya dari goresan.

3. Pengamanan Kata Sandi

Pastikan untuk mengatur kata sandi pada laptop Anda. Rutinlah mengganti kata sandi ini untuk meningkatkan keamanan, sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan, laptop Anda tetap terlindungi.

4. Pencadangan Data

Selalu lakukan pencadangan data atau simpan informasi penting Anda di cloud atau perangkat penyimpanan lainnya. Kebiasaan melakukan pencadangan secara berkala dapat mengurangi risiko kehilangan data.

5. Gunakan Perangkat Lunak Resmi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: