Ini Dia 30 Fakta Menarik Negara Jepang, Salah Satunya Bikin Merinding

Ini Dia 30 Fakta Menarik Negara Jepang, Salah Satunya Bikin Merinding

Gunung Fuji Jepang --(telegraph.co.uk)

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Jepang merupakan salah satu negara di benua Asia dalam kategori negara maju. Tetapi banyak fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui orang. Berikut ini fakta-fakta menarik dari beberapa sumber yang banyak mengupas negara Jepang.

1. Dalam bahasa Jepang nama negara Jepang disebut dengan nama nippon atau nihon. Nama ini sendiri secara harfiah memiliki arti asal usul matahari atau negeri matahari terbit. Nama nippon, pertama kali disebut dalam korespondensi kekaisaran Jepang dengan dinasti Sui di Tiongkok pada sekitar tahun 600-an masehi. Namanya  merujuk kepada letak Jepang yang berada di sebelah timur daratan tiongkok. Sebelum Jepang memiliki  hubungan dengan tiongkok, negara ini dikenal sebagai Yamato. Sedangkan di Tiongkok sendiri dalam catatan selama era zaman tiga negara, sebutan untuk wilayah Jepang adalah negara Wa. 

2. Bendera nasional Jepang yang secara resmi di sebut juga dengan nisshoki, atau juga lebih dikenal dengan nama hinomaru. Desainnya terdiri dari sebuah lingkaran berwarna merah dengan latar belakang berwarna putih. Lingkaran merah tersebut melambangkan matahari, yang juga menunjukkan  bahwa Jepang adalah negara matahari terbit, seperti arti nama negaranya. Matahari memainkan  peran penting dalam mitologi dan agama Jepang karena kaisar dikatakan sebagai keturunan langsung  dari dewi matahari amaterasu yang juga merupakan dewa utama dalam agama shinto. Desain bendera ini juga sudah di gunakan oleh negara Jepang sejak tahun 1870, dan kemudian disahkan kembali  melalui sebuah undang-undang pada tahun 1999.  

3. Yen Jepang atau biasa disebut juga dengan yen adalah mata uang resmi dari negara Jepang, mata uang ini dikodekan dengan JPY. Jika di konversi kedalam mata uang negara kita, 1 yen memiliki nilai tukar sekitar 130 rupiah. 

BACA JUGA:Pilihan Jenis Sepatu untuk Pria Makin Tampil Modis, Ini Dia Rekomendasinya

4. Jepang adalah satu-satunya negara di dunia yang memiliki seorang kaisar yang memerintah. Meskipun kaisar Jepang tidak memiliki banyak peran dalam pemerintahan dan sebagian besar memainkan peran  simbolis, namun kaisar sangat dihormati sebagai simbol tradisi dan pemersatu rakyat Jepang. 

5. Pada era feodal, secara defacto kendali pemerintahan Jepang berada di tangan keshogunan, karena segala bentuk keputusan pemerintah di tentukan oleh shogun. Sementara kaisar hanya berperan sebagai kepala negara secara de jure atau sebagai simbol. 

6. Shogun adalah istilah dalam bahasa Jepang yang berarti jenderal atau panglima militer. Pejabat shogun diangkat dengan perintah kaisar, dan dalam praktiknya berperan sebagai kepala pemerintahan  seperti halnya jabatan perdana menteri saat ini. Jabatan shogun dihapus sejak era restorasi meiji. Namun meski demikian, dalam bahasa Jepang, istilah shogun yang berarti jenderal dalam kemiliteran tetap digunakan hingga sekarang.  

7. Shogun juga merupakan pejabat toryo atau kepala klan samurai. Banyak dari masyarakat kita, yang menganggap bahwa samurai adalah kata lain untuk  menyebutkan pedang dari bahasa Jepang. Padahal, samurai atau dalam bahasa jepang disebut juga dengan bushi, adalah ksatria atau bangsawan militer elit Jepang pada abad pertengahan. 

BACA JUGA:Fantastis! Pendapatan Pasar Game Indonesia Jauh Lampaui Industri Musik dan Film

8. Bilah pedang yang digunakan oleh para samurai disebut dengan katana. Katana yang digunakan oleh para samurai juga memiliki pasangan yang disebut dengan wakizashi yang memiliki ukuran lebih kecil.  

9. Ritual bunuh diri yang dikenal sebagai  seppuku adalah praktik yang dihormati dan berwibawa bagi seorang samurai yang  dianggap sudah membawa aib kepada tuannya. Seppuku adalah suatu bentuk ritual bunuh diri yang dilakukan oleh samurai di Jepang dengan cara merobek perut dan mengeluarkan usus untuk memulihkan nama baik setelah kegagalan saat melaksanakan tugas dan/atau kesalahan  untuk kepentingan rakyat. Seppuku pada jaman dahulu hanya dilakukan oleh samurai. 

10. Selain samurai, pada era feodal dikenal juga tentara bayaran atau agen rahasia yang kita kenal dengan sebutan ninja. Meskipun sudah ada sejak abad ke-12, ninja mulai muncul  kepermukaan pada era sengoku atau periode perang saudara di Jepang yang terjadi sekitar abad ke-15. 

11. Ninja atau shinobi, adalah seorang mata-mata zaman feodal di Jepang yang terlatih dalam seni bela diri ninjutsu. Ninja menonjol dalam legenda dan cerita rakyat Jepang, di mana mereka dikaitkan dengan kemampuan legendaris seperti tembus pandang, dapat berjalan di atas air, dan  kemampuan mengendalikan atas unsur-unsur alam. Menurut sebagian pengamat ninjutsu, keahlian seorang ninja bukanlah pembunuhan tetapi penyusupan. Ninja berasal dari bahasa jepang yang berbunyi nin yang artinya menyusup. Jadi, keahlian khusus seorang ninja adalah menyusup. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: