Desa Aik Ketekok Dorong Ketahanan Pangan, Belanja LPG 3 Kg di BUMDes Dapat Sayur Gratis

Desa Aik Ketekok Dorong Ketahanan Pangan, Belanja LPG 3 Kg di BUMDes Dapat Sayur Gratis

Pemerintah Desa Aik Ketekok mendorong ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan pekarangan kosong untuk ditanami tanaman hidroponik--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Pemerintah Desa Aik Ketekok, Kecamatan Tanjungpandan berkomitmen mendorong ketahanan pangan dan perekonomian di Kabupaten Belitung.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Desa Aik Ketekok saat ini adalah dengan memanfaatkan lahan pekarangan kosong untuk ditanami tanaman hidroponik.

"Tanaman hidroponik kita berupa sayuran sawi, tomat, selada, daun sop dan beberapa jenis sayuran lainnya," kata Kepala Desa (Kades) Aik Ketekok Antony kepada Belitong Ekspres, Rabu (20/9/2023).

Antony menjelaskan, keuntungan bercocok tanam menggunakan system hidroponik antara lain keberhasilan tanaman untuk tumbuh dan berproduksi lebih terjamin.

BACA JUGA:10 Provinsi di Pulau Sumatera Sumbang Utang Pinjol Rp6,45 Triliun, Bangka Belitung di Peringkat Berapa Ya?

BACA JUGA: Marak Razia Tambang di Babel, Beliadi Minta Toleransi APH Agar Paham Kondisi Masyarakat

"Selain itu, perawatannya lebih praktis dan gangguan hama lebih terkontrol. Pemakaian pupuk lebih hemat, serta tanaman yang mati lebih mudah diganti dengan tanaman baru," jelasnya.

Kades Antoni menambahkan,  selain itu pihaknya juga membuat program inovasi pembagian sayur gratis khusus masyarakat Desa Aik Ketekok yang berbelanja LPG 3 Kg.

“Bagi warga yang belanja LPG 3 Kg di BUMDes, kita akan bagikan sayur secara gratis selama stok masih ada. Seperti hari ini kita bagikan sayur sawi dan selada,” ungkapnya.

Menurut Antony, program itu sebagai bentuk pencegahan stunting dan mendorong kesejahteraan masyarakat dan ketahanan pangan di Belitung.

BACA JUGA:Peduli Sesama Cari Fakta, Joni Alamsyah Berikan Sosialisasi Hukum Kepada Masyarakat Desa Kembiri

BACA JUGA:5 Ide Usaha Dengan Modal 100 Ribu, Nomor 5 Bisa Sambil Liburan

“Minggu depan rencananya kita akan bagikan tomat, untuk masyarakat yang berbelanja LPG di desa. Semoga kegiatan ini bisa bantu masyarakat khususnya di Aik Ketekok,” tandasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Ahmad, menyambut baik dan mendukung adanya inovasi kegiatan pembagian sayur gratis untuk masyarakat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: