Kenali Gejala Awalnya, Inilah Berbagai Penyakit Berbahaya Disebabkan Tikus

Kenali Gejala Awalnya, Inilah Berbagai Penyakit Berbahaya Disebabkan Tikus

Mengena Penyakit Berbahaya Disebabkan oleh Tikus-Grafis/BE-Net

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Kehadiran hewan tikus di dalam rumah merupakan masalah yang sangat mengganggu. Terutama karena seringkali tikus mengonsumsi makanan yang ada dalam rumah kita.

Namun, yang lebih mengkhawatirkan adalah berbagai penyakit berbahaya disebabkan oleh hewan tikus, yang bahkan dapat mengancam keselamatan jika tidak segera diatasi.

Penyakit yang disebabkan oleh hama tikus dapat dengan mudah ditularkan langsung kepada manusia. Penularannya dapat terjadi melalui berbagai media seperti feses, urine, air liur, atau bahkan gigitan tikus.

Selain itu, penyakit yang diakibatkan oleh mikroorganisme yang ada pada hewan tikus juga dapat menular secara tidak langsung melalui vektor seperti kutu, tungau, atau serangga lainnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali gejala yang muncul akibat penyakit yang dapat ditularkan oleh tikus serta mengetahui langkah-langkah yang harus diambil untuk mengatasi masalah ini.

BACA JUGA:Tanpa Perangkap, Ini Cara Mudah Usir Tikus di Rumah, Nomor 8 Paling Simpel

BACA JUGA:Jangan Panik, Ini Cara Cek Nomor Rekening Cepat dan Mudah

Berikut adalah penjelasan mengenai enam jenis penyakit berbahaya yang dapat disebabkan oleh hewan tikus beserta gejalanya, seperti dilansir dari Hello Sehat:

1. Sindrom Pernapasan Hantavirus

Sindrom Pernapasan Hantavirus pertama kali teridentifikasi pada tahun 1993. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), penyakit ini disebabkan oleh sejumlah jenis tikus, seperti tikus rusa, tikus berkaki putih, tikus padi, dan tikus kapas.

Penyakit ini dapat menular ketika Anda menghirup partikel yang terdapat dalam urine, kotoran, atau air liur tikus yang tersebar di udara.

Selain itu, Anda juga dapat terinfeksi melalui kontak dengan atau mengonsumsi bahan-bahan yang telah terkena kontaminasi oleh tikus. Meskipun jarang terjadi, gigitan tikus juga bisa menjadi sumber penularan penyakit ini.

BACA JUGA:14 Manfaat Makan Buah Sawo, Nomor 9 Kaum Sosialita Wajib Tahu

BACA JUGA:Selain Kanker, Inilah Resiko Pola Makan Mie Instan yang Berlebihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: