Remaja Wajib Tahu, Ini Tantangan dan Resiko Menikah di Usia Muda

Remaja Wajib Tahu, Ini Tantangan dan Resiko Menikah di Usia Muda

Tantangan dan Resiko Menikah di Usia Muda--Klik Dokter

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Remaja yang hamil di luar nikah pada usia muda tentunya sangat rentan mengalami stres dan depresi karena timbulnya rasa malu.

Tidak sedikit para remaja mengalami depresi karena dikucilkan oleh lingkungan masyarakat sekitar maupun lingkungan pergaulan baik di dalam dan luar sekolah.

Hamil di luar nikah dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kurangnya pendidikan seks atau pengetahuan seputar kesehatan reproduksi, sikap permisif dalam lingkungan pergaulan, dampak negatif kemajuan teknologi, pengaruh teman dan pola asuh orang tua.

Selain itu bahaya lain pernikahan di usia muda rentan beresiko mengalami osteoporosis untuk sang ibu. Osteoporosis menyebabkan tubuh menjadi bungkuk, tulang menjadi rapuh dan mudah patah.

BACA JUGA:Anda Wajib Tahu, Jenis Penyakit Intoleransi Makanan yang Ditanggung BPJS Kesehatan

BACA JUGA:Anda Sakit Gigi? Ini Dia 7 Cara Ampuh untuk Mengatasinya Secara Alami

Sementara itu, dilansir dari laman Alodokter.com menikah pada usia muda rentan memiliki banyak tantangan maupun resiko jika merujuk banyaknya kasus yang terjadi beberapa tahun terakhir.

1. Gangguan Psikologis

Remaja yang terpaksa menikah muda sangat rawan mengalami gangguan mental baik itu gangguan kecemasan, stres, atau depresi. Hal tersebut karena ketidaksiapan dalam menjalani beban dan tanggung jawab yang diterima sebagai suami atau istri.

2. Komplikasi Kehamilan

Kemudian berisiko mengalami komplikasi yang membahayakan ibu maupun janin seperti bayi terlahir prematur, stunting atau berat badan lahir yang rendah (BBLR).

3. Masalah Ekonomi

Selanjutnya menikah pada usia muda rentan terjadi masalah ekonomi atau keuangan hal tersebut karena belum ada kesiapan dalam menanggung nafkah serta dapat mendorong lingkaran kemiskinan baru dalam kehidupan bermasyarakat.

BACA JUGA:Mengenal Penyakit Kaki Gajah, Begini Cara Mencegahnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: