Daftar 10 Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

Daftar 10 Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia--pixabay

Bengkulu menduduki posisi penting sebagai salah satu produsen kopi terbesar di Indonesia, menyumbang sekitar 70 persen dari total produksi kopi di negara ini.

Wilayah ini dikenal dengan perkebunan kopi yang melimpah, khususnya varietas robusta. Meskipun demikian, beberapa kebun kopi arabika juga dapat ditemui di Bengkulu. Kopi yang dihasilkan di daerah ini memamerkan karakteristik yang kuat dan aroma yang khas.

4. Mandailing

Di Mandailing, Sumatera Utara, kopi telah menjadi bagian integral dari warisan budaya sejak masa penjajahan Belanda. Kopi Mandailing dikenal dengan cita rasa manisnya yang khas dan tingkat keasaman yang rendah.

BACA JUGA:Samsung Galaxy A23 VS Galaxy A13, Harga Beda Rp 50 Ribu, Mana yang Lebih Worth IT?

Aroma yang dihasilkannya juga begitu unik, menggambarkan nuansa wangi buah-buahan dan bunga. Kopi Mandailing memang menunjukkan karakteristik yang berbeda dari kopi Gayo yang lebih condong memiliki rasa asam.

5. Sidikalang

Sidikalang, sebuah wilayah di Pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Utara, terkenal sebagai lokasi pertumbuhan kopi robusta terbaik di Indonesia.

Dengan iklim sejuk dan tanah yang subur, biji kopi yang dihasilkan mencapai standar kualitas tertinggi. Citra kenikmatan dan aroma kopi Sidikalang yang khas menjadikannya favorit di kalangan penikmat kopi.

6. Toraja

Wilayah Toraja di Sulawesi Selatan terkenal dengan kekayaan tradisi dan keindahan alamnya. Namun, daya tariknya tidak hanya terbatas pada itu saja. Toraja juga dikenal memiliki kopi berkualitas tinggi yang menjadi kebanggaan lokal.

BACA JUGA:Amankah Penggunaan Rokok Elektrik Alias Vape Bagi Kesehatan? Ini Kata Prof Elisna

Kopi Toraja menonjol dengan cita rasa lembut dan aroma yang kaya. Proses pengolahan biji kopinya dilakukan dengan teliti, menghasilkan secangkir kopi yang nikmat dan memikat bagi para penikmat kopi.

7. Flores

Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur bukan hanya mempesona dengan keindahan alamnya, tetapi juga menghidangkan kopi berkualitas tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: