Peringatan Bahaya Petir dan Angin Puting Beliung di Bangka Belitung, Masyarakat Harus Waspada!

Peringatan Bahaya Petir dan Angin Puting Beliung di Bangka Belitung, Masyarakat Harus Waspada!

Peringatan Bahaya Petir dan Angin Puting Beliung di Bangka Belitung--bing

Intensitas Hujan di Bangka Belitung

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bangka Belitung juga mengestimasi adanya kenaikan intensitas hujan selama satu minggu ke depan di daerah ini.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji mengatakan, kenaikan hujan di awal tahun 2024 ini lebih besar dibandingkan dengan bulan Desember 2023 lalu.

BACA JUGA:Coba Sekarang! 5 Aplikasi Pinjaman Online Cepat Cair Tanpa Risiko Ditolak Terbaru 2024

BACA JUGA:Uang Dugaan Korupsi PT PTBBI Mengalir ke Mantan Bupati Belitung? Ini Pengakuan Sanem

“Iya, berdasarkan analisa yang kami lakukan selama satu minggu ke depan intensitas hujan akan meningkat,” ujar Kurniaji dalam keterangannya, Jumat 12 Desember 2024.

Secara keseluruhan, di wilayah Bangka Belitung berpeluang hujan ringan sampai sedang pada waktu dini hari hingga pagi hari dan waktu malam. Sementara hujan sedang sampai lebat biasanya akan terjadi pada waktu siang hingga sore hari.

“Di semua wilayah Bangka Belitung memiliki potensi yang sama, termasuk potensi hujan bersama angin kencang dan petir selalu ada,” papar Kurniaji.

Menurutnya akibat kenaikan hujan ini juga berpeluang menimbulkan genangan air, mengingat lamanya hujan yang umumnya berlangsung lebih lama.

“Namun kondisi ini dipengaruhi oleh ketahanan atau daya serap dan kondisi saluran drainase masing-masing daerah tertentu. Jika keduanya baik maka potensi terjadinya genangan yang luas dan lama cukup kecil,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara