10 Istilah AI yang Wajib Kamu Pahami!

10 Istilah AI yang Wajib Kamu Pahami!

10 Istilah AI yang Wajib Kamu Pahami--freepik

Setelah dilatih, AI bisa melakukan inference, yaitu membuat prediksi berdasarkan apa yang sudah dipelajari. Misalnya, AI bisa memperkirakan harga rumah di masa depan berdasarkan data rumah-rumah yang sudah terjual.

3. Small Language Model (SLM)

SLM adalah versi kecil dari Large Language Model (LLM). Meski lebih ringan, SLM tetap bisa memberikan jawaban yang realistis, tapi nggak butuh daya komputasi besar. Cocok buat kamu yang sering tanya-tanya hal ringan ke AI di laptop atau smartphone.

4. Grounding

AI generatif sering kali nggak bisa membedakan fakta dan fiksi. Nah, grounding adalah proses di mana AI dihubungkan dengan data nyata untuk memastikan output yang diberikan lebih akurat dan sesuai konteks.

5. Retrieval Augmented Generation (RAG)

RAG adalah metode di mana AI mengakses data tambahan untuk memberikan jawaban yang lebih tepat. Ini mirip kayak AI yang punya "pusat riset pribadi" yang bisa dibuka kapan saja untuk mencari informasi tambahan yang dibutuhkan.

BACA JUGA:Samsung Galaxy S25 Ultra: Bocoran Desain dan Fitur yang Bikin Penasaran

BACA JUGA:Bocoran Samsung Galaxy S25: Tanggal Rilis, Spesifikasi dan Prediksi Harga

6. Orchestration Sistem

AI sering harus menyelesaikan banyak tugas sekaligus. Nah, orkestrasi bertugas memastikan semua tugas ini berjalan dengan urutan yang benar.

Misalnya, kalau kamu tanya AI tentang seseorang, lalu mengajukan pertanyaan lanjutan, AI bisa menghubungkan dua pertanyaan tersebut berkat lapisan orkestrasi.

7. Memori

AI saat ini belum punya memori seperti manusia, tapi bisa "mengingat" informasi sementara. Dengan bantuan orkestrasi, AI bisa menyimpan data percakapan sebelumnya untuk memberikan konteks lebih baik saat merespons pertanyaan berikutnya.

8. Transformer Models & Diffusion

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: