Harga TBS di Bawah Rp1.000, Heryawandi Tuntut Kehadiran Pemerintah Pusat Selesaikan Persoalan

Harga TBS di Bawah Rp1.000, Heryawandi Tuntut Kehadiran Pemerintah Pusat Selesaikan Persoalan

Anggota DPRD Provinsi Babel Heryawandi tuntuk pemerintah pusat selesaikan persoalan harga TBS kelapa sawit-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, PANGKALPINANG - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit yang terus anjlok di bawah Rp1.000 per Kg membuat para petani di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tambah menjerit.

Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Heryawandi prihatin harga TBS saat ini tidak lagi sebanding antara harga jual dengan biaya produksi dan perawatannya.

Oleh karena itu, Heryawandi yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Babel tuntut kehadiran negara atau pemerintah pusat selesaikan persoalan harga TBS Kelapa Sawit di daerah.

"Kita menuntut negara ini untuk hadir, khususnya pemerintah pusat menyelesaikan masalah persawitan di Babel ini," tegas Heryawandi kepada wartawan dengan nada kesal, Kamis (7/7) kemarin.

BACA JUGA:Bawaslu Beltim Ingatkan Pentingnya Netralitas ASN dalam Pemilu, Melanggar Sanksi Menunggu

BACA JUGA: 115 Bintara Polri Babel Dilantik, Adet Mastur Ucapkan Selamat, Ini Harapannya

Ia kembali menegaskan kelapa sawit merupakan pertanian kategori ekonomi rakyat. Mayoritas masyarakat di pedesaan bermata pencaharian utama dari berkebun kelapa sawit.

Maka dari itu, dengan merosotnya harga beli TBS di tingkat petani membuat perekonomian rakyat di Provinsi Babel memburuk.

"Soal sawit ini, semakin memperparah kondisi ekonomi masyarakat Bangka Belitung. Karena kelapa sawit ini sudah menjadi kategori perekonomian rakyat yang mayoritas di pedesaan," tukasnya.

BACA JUGA:Kasus Perselingkuhan Oknum ASN Kepala Sekolah Beltim Bergulir, Dindik Bentuk Tim Investigasi

BACA JUGA:Gelap Gulita, Warga Dusun Kelekak Usang Mengeluh Tidak Ada PJU

Apalagi lanjut dia, harga TBS kelapa sawit petani mandiri di pabrik kelapa sawit per Kamis 7 Juli 2022 benar-benar menyedihkan.

Menurut data dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, tidak mencapai Rp1.000 per Kg. Sehingga, diyakini petani sawit pasti menjerit dan menderita.

Untuk rincian harga beli TBS milik petani di perusahaan pengelolaan kelapa sawit hari ini, diantaranya di PT Gunung Maras Lestari (PT GML) harga beli TBS cuma Rp800/kg, PT Mitra Agro Sembada (PT MAS) Desa Labu di harga Rp720/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: